Dukung Sektor Pariwisata, Indonesia Hidden Heritage Gelar IHHW 2021

Dimulai 21-30 Oktober 2021

Bandung, IDN Times - Indonesia Hidden Heritage (IHH) berkolaborasi dengan lebih dari 50 institusi  dari dalam dan luar negeri menggelar  Festival Indonesia Hidden Heritage Week (IHHW) 2021 bertema ‘Mengungkap Potensi Wisata Sejarah Indonesia’ pada tanggal 21-30 Oktober mendatang.

Tema ini sejalan dengan latar belakang belakang diadakannya festival, yaitu memotivasi para pemangku kepentingan di sektor pariwisata untuk bersama-sama menggali potensi dan mempromosikan wisata sejarah di seluruh Indonesia.

1. Nilai sejarah dan budaya perlu digali dengan benar karena menjadi daya tarik turis

Dukung Sektor Pariwisata, Indonesia Hidden Heritage Gelar IHHW 2021IDN Times/ Dhana Kencana

Festival IHHW 2021 sekaligus menjadi bentuk komitmen Indonesia Hidden Heritage dalam mendukung pencanangan 2021 sebagai tahun kebangkitan pariwisata pascapandemi COVID-19 yang digaungkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada akhir 2020.

“Nilai sejarah dan budaya pada sektor pariwisata perlu digali dan dikelola dengan benar karena dapat menjadi daya tarik bagi turis. Perencanaan dan pengelolaan wisata sejarah yang efektif juga akan menciptakan kepuasan wisatawan selama serta setelah mengunjungi destinasi wisata heritage,” papar Founder Indonesia Hidden Heritage sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Hidden Heritage Week 2021, Nofa Farida Lestari.

2. Didukung Kemenparekfraf, Kemendikbud, dan KSP

Dukung Sektor Pariwisata, Indonesia Hidden Heritage Gelar IHHW 2021Sandiaga Uno. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Diferensiasi serta upaya perbaikan berkelanjutan juga perlu dilakukan untuk membangun keunggulan kompetitif dan loyalitas wisatawan. Sejarah, adat istiadat, serta seni dan tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi bisa menjadi komponen diferensiasi dalam memberikan pengalaman autentik dan unik kepada wisatawan.

Di tengah pandemik seperti sekarang serta untuk mematuhi imbauan pemerintah untuk jaga jarak, festival diselenggarakan secara online. Festival ini juga akan dibuka oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekfraf), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) serta Kantor Staf Presiden (KSP)  pada Kamis, 21 Oktober 2021 dan diisi dengan rangkaian kegiatan online berupa webinar bertajuk ‘Situs-Situs Warisan Dunia di Indonesia’, Virtual Tour Situs Pertambangan Batubara Ombilin dan Virtual Tour Jelajah Kuliner Tanah Papua.

3. Beragam program disuguhkan dalam gelaran IHHW 2021

Dukung Sektor Pariwisata, Indonesia Hidden Heritage Gelar IHHW 2021IDN Times/Sukma Shakti

Festival Indonesia Hidden Heritage Week 2021 menampilan berbagai macam program yaitu talkshow dengan lintas institusi untuk pengembangan berbagai tema wisata heritage, virtual tour ke berbagai destinasi wisata sejarah, temu sapa dengan komunitas wisata heritage dari berbagai daerah, nonton bareng film dokumenter, workshop pembuatan dan pengembangan produk heritage, Museum and Galleries Live Talks, serta ditutup dengan Heritage Tourism Development Forum dan Rendevouz di Maison Weiner.

Festival menyasar kalangan umum, komunitas wisatawan domestik, jaringan wisatawan internasional, organisasi internasional dan kedutaan besar, institusi pendidikan, organisasi budaya dan sejarah, media wisata dan pelaku bisnis perhotelan.

Melalui Indonesia Hidden Heritage Week 2021 diharapkan seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata Tanah Air dapat membangun narasi positif untuk mendorong kebangkitan wisata sejarah dan budaya serta memberi manfaat ekonomi.

Baca Juga: PPKM Level 2, Empat Daerah di Jabar Diizinkan Membuka Pariwisata

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya