DPR RI Apresiasi Komitmen Pemerintah Kembangkan Produk Halal di Indonesia

jaminan produk halal sebagai bentuk penyelenggaraan hak asasi

Bandung, IDN Times - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tubagus Ace Hasan Syadzily, mengapresiasi komitmen pemerintah dalam mengembangkan industri halal di tanah air. Hal tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin penyelenggaraan jaminan produk halal sebagai salah satu bentuk penyelenggaraan hak asasi.

Demikian disampaikan Tubagus Ace Hasan Syadzily atau biasa disapa Kang Ace saat menjadi narasumber Workshop Aplikasi Sistem Informasi Halal dan Self Declare Bagi Pelaku Usaha yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di Grand Sunshine Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu (13/5/2023).

“Indonesia kini terus mengembangkan industri halal seperti, makanan, keuangan syariah, fashion, kosmetik, farmasi dan pariwisata termasuk travel. Komitmen ini tentu patut diapresiasi sebagai wujud kehadiran negara dalam memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat Muslim dalam mengkonsumsi produk halal,” paparnya dalam keterangan yang diterima IDN Times.

1. Indonesia bisa menjadi pusat produk halal dunia

DPR RI Apresiasi Komitmen Pemerintah Kembangkan Produk Halal di IndonesiaIDN Times/Istimewa

Menurut Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat ini. komitmen pemerintah meningkatkan kesadaran pelaku usaha untuk melakukan proses produk halal sesuai ketentuan undang-undang dalam memproduksi produk halal perlu terus ditingkatkan. Sehingga kesadaran masyarakat atas hak-haknya dalam mengkonsumsi produk halal semakin terjamin dan terlindungi.

“Kami optimistis Indonesia kedepan bisa menjadi pusat industri halal dunia. Namun hal itu bisa dicapai apabila seluruh produk makanan dan minuman yang diproduksi termasuk obat-obatan betul-betul bisa dijamin kehalalannya,” sambungnya.

2. Negara akan berikan jaminan produk halal

DPR RI Apresiasi Komitmen Pemerintah Kembangkan Produk Halal di IndonesiaIDN Times/Istimewa

Menurut politisi yang dekat dengan kalangan pesantren dan ulama ini, pihaknya selama ini terus berupaya agar negara terus memberikan perlindungan dan jaminan pada produk halal di tanah air melalui berbagai regulasi yang ada.

“Terlebih sebagai umat Islam kita telah diperintahkan untuk senantiasa menggunakan produk halal, makanan yang halal dan tayib (baik). Sebab diketahui ternyata salam satu sumber malapetaka dan kerusakan itu lahir dari sesuatu yang tidak halal,” kata Kang Ace menyitir sebuah keterangan dari Hujjatul Islam Imam Abul Hamid al-Ghazali dalam magnum opusnya yang terkenal Ihya’ ‘ulum al-Din.

3. Optimistis produk halal di Indonesia terus berkembang

DPR RI Apresiasi Komitmen Pemerintah Kembangkan Produk Halal di IndonesiaGoogle image

Ia menjelaskan, saat ini Indonesia menurut The Global Islamic Economy Indicator belum mampu menjadi pusat halal dunia. Meskipun dalam dua tahun terakhir telah terjadi peningkatan produk halal yang signifikan.

“Kita optimistis kedepan Indonesia juga mampu mengembangkan industri halal. Bukan saja soal makanan, tapi juga keuangan syariah hingga fesyen, termasuk kosmetik,” sambungnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya