DPD Golkar Kabupaten/Kota se-Jabar Bulat Dukung Bahlil Jadi Ketua Umum

Dukungan disampaikan dalam rapat pleno di DPD Golkar Jabar

Bandung, IDN Times - Pengurus DPD Partai Golkar kabupaten/kota se-Jawa Barat bulat memberikan dukungan kepada Bahlil Lahadalia untuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar periode 2024-2029.

Dukungan itu disampaikan oleh 27 DPD kabupaten/kota se-Jabar dalam rapat pleno yang diperluas di DPD Partai Golkar Jabar, Jalan Maskumambang, Kota Bandung, Jumat (16/8/2024).

Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar MQ Iswara mengatakan, rapat pleno yang diperluas dihadiri oleh ketua DPD Partai Golkar kota dan kabupaten se-Jawa Barat dipimpin oleh Ketua DPD Partai Golkar Jabar Tubagus Ace Hasan Syadzily dan dihadiri secara virtual oleh pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Syukur almahudilullah. Dalam rapat pleno diperluas, pengurus DPD Golkar Jabar dan DPD Golkar kabupaten/kota se-Jawa Barat, secara bulat mendukung, mengusulkan, dan siap memenangkan Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum Partai Golkar periode 2024-2029," kata MQ Iswara seusai rapat pleno.

1. DPD Golkar Jabar sudah lebih dulu berikan dukungan

DPD Golkar Kabupaten/Kota se-Jabar Bulat Dukung Bahlil Jadi Ketua UmumIDN Times/Istimewa

Dukungan seluruh DPD kabupaten/kota se-Jabar itu, menyusul dukungan yang sudah terlebih dahulu diberikan oleh DPD Golkar Jabar pada 8 Agustus 2024.

"DPD Golkar Jawa Barat juga memberikan dukungan yang sama. Surat dukungan (DPD Golkar kabupaten/kota se-Jabar) secara resmi akan disampaikan besok ke Bahlil Lahadalia," ujar Iswara.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat mendukung penuh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjadi Ketua Umum Golkar periode 2024-2029.

2. 27 DPD Golkar kabupaten/kota di Jabar selaras dukung Bahlil

DPD Golkar Kabupaten/Kota se-Jabar Bulat Dukung Bahlil Jadi Ketua UmumIDN Times/Istimewa

Selain itu, Iswara mengatakan, hampir seluruh DPD Golkar di Indonesia memberikan dukungan kepada Bahlil Lahadalia untuk menggantikan posisi Airlangga Hartarto.

"Yang kami ketahui pak Agus Gumiwang Kartasasmita tidak maju, dan dukungan memang dari para ketua DPD sebagian besar sudah memberikan dukungan kepada Pak Bahlil, itu faktanya," ucap Iswara di Bandung, Kamis (15/8/2024).

Iswara menyebut, salah satu dukungan tersebut juga dari dari DPD Golkar Jabar.

"Ya, termasuk Jabar. Saya jawab tegas termasuk Jabar," tegasnya.

Iswara memastikan, dukungan kabupaten kota di Jabar akan selaras dengan dukungan yang diberikan provinsi.

"Kabupaten Kota, biasanya mutatis mutandis dengan provinsinya, atau seirama dengan dukungan yang diberikan provinsinya," ungkapnya.

3. Banyak pertimbangan untuk memilih Bahlil

DPD Golkar Kabupaten/Kota se-Jabar Bulat Dukung Bahlil Jadi Ketua UmumIDN Times/Istimewa

Dalam mekanime pemilihan nanti, kata Iswara, provisi dan labupaten/kota masing-masing mempunyai satu hak suara seusai AD ART.

"Nanti akan ada 38 suara dari Provinsi dan 514 suara dari Kabupaten/Kota dan ormas Hasta karya dan juga Ormas yang didirikan dan mendirikan, ada 10 tambahnya itu, itu semua yang nanti punya hak suara saat Munas," jelasnya.

Iswara mengatakan, banyak pertimbangan untuk memutuskan dukungan kepada Bahlil Lahadalia untuk menjadi Ketum Golkar. Dia memastikan, hal ini juga merupakan hasil diskusi panjang antara provinsi dan pusat melihat konstelasi politik yang ada.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya