Densus 88 Tangkap Anggota JAD Bandung di Baleendah 

Terduga teroris merencanakan aksi di Jabar dan Jatim

Bandung, IDN Times - Tim Densus 88 Mabes Polri kembali menangkap seorang terduga teroris berinisial WP alias Syahid di Desa Bojong Malaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis(28/3), lalu.

Syahid diduga jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) wilayah Bandung yang berafiliasi dengan kelompok JAD Sibolga dan JAD Lampung. Polri membenarkan peristiwa penangkapan Syahid di rumah kontrakannya pada Kamis(28/3).

"Ini kelompok JAD wilayah Bandung," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Dedi di Mabes Polri, Jakarta, dilansir Antara, Selasa(2/4).

1. Syahid merupakan JAD wilayah Bandung

Densus 88 Tangkap Anggota JAD Bandung di Baleendah Ilustrasi penangkapan teroris. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan penyidik Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris berinisial WP alias Syahid yang diduga anggota kelompok JAD Bandung.

"Ini kelompok JAD wilayah Bandung," kata Brigjen Dedi di Mabes Polri, Jakarta.

2. Terduga teroris dibekuk di rumah kontrakan

Densus 88 Tangkap Anggota JAD Bandung di Baleendah Garis polisi (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Menurutnya, WP ditangkap di rumah kontrakan WP di Desa Bojong Malaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Kamis(28/3). Terduga teroris ini baru mengontrak di daerah tersebut sekitar satu pekan sebelum akhirnya ditangkap Tim Densus 88 Mabes Polri. 

"WP mulai ngontrak di sana pada tanggal 21 Maret," ujar dia.

3. Syahid akan melakukan penyerangan di Jawa Barat dan Jawa Timur

Densus 88 Tangkap Anggota JAD Bandung di Baleendah pjmedia.com

Paska aksi teror yang terjadi di Lampung dan Medan, Densus 88 Mabes Polri telah mengamankan 11 orang terduga teroris yang merupakan jaringan JAD. Polri mendeteksi kelompok ini melakukan penyerangan terhadap aparat keamanan di wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Dari 11 tersangka yang sudah dilakukan upaya paksa dari penyidik dari Densus, indikasi-indikasi penyerangan atau fai dengan sasaran aparat kepolisian itu sudah sangat jelas," kata Dedi.

Baca Juga: Densus 88 Kembali Gerebek Rumah Terduga Teroris di Sibolga

4. Kelompok Syahid merencanakan merampok mobil pembawa uang ATM

Densus 88 Tangkap Anggota JAD Bandung di Baleendah Ilustrasi Mesin ATM (IDN Times/Sukmashakti)

Dia menyebutkan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, WP diketahui akan melakukan aksi di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan target aparat keamanan.

WP merupakan JAD wilayah Bandung dan sel terpisah dari JAD Sibolga dan JAD Lampung. "Dari hasil penyelidikan, mereka juga diduga berencana merampok mobil pengisi anjungan tunai mandiri (ATM) untuk mengumpulkan dana guna membiayai aksi teror," kata Dedo.

Baca Juga: Mendagri Sebut Radikalisme dan Terorisme Jadi Ancaman Pemilu 2019

5. Densus 88 masih buru kelompok Syahid

Densus 88 Tangkap Anggota JAD Bandung di Baleendah instagram.com/densus88at

Dedi mengatakan tim Densus 88 kini masih memburu sekitar enam hingga delapan orang anggota kelompok ini yang masih buron termasuk pimpinan mereka yang berinisial A. "WP perannya kaki tangan. Otaknya berinisial A. Masih diburu," katanya. 

Baca Juga: 12 Alasan Ilmiah Ini Dinilai Kenapa Seseorang Menjadi Teroris

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya