Cut the Tosh, Multi Bintang Indonesia Ajak Kolaborasi Kerja Nyata

Ajakan untuk pemangku kepentingan pangkas basa-basi sustainability

Bandung, IDN Times -  Multi Bintang Indonesia, produsen minuman di Indonesia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan meningkatkan skala berkelanjutan menciptakan lingkungan lebih baik.

Ajakan kolaborasi ini juga ditandai dengan meluncurkan program gerakan terbarunya dalam praktik keberlanjutan, bertajuk “Cut the Tosh”. Lebih dari sekadar kampanye, Cut the Tosh merupakan sebuah pernyataan yang mengingatkan bahwa wacana dan perkataan tidak memiliki makna apa-apa, tanpa adanya aksi nyata.

“Cut the Tosh mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mengubah narasi jadi aksi.
Harapan kami, gerakan ini dapat mendorong upaya kolektif dari para pemangku kepentingan, untuk bersama-sama menciptakan kolaborasi yang bermakna untuk meningkatkan skala dan dampak dari praktik keberlanjutan,” kata Ika Noviera, Direktur Corporate Affairs Multi Bintang Indonesia, Rabu(18/5/2022).

1. Ciptakan kolaborasi bermakna dengan kerja nyata

Cut the Tosh, Multi Bintang Indonesia Ajak Kolaborasi Kerja NyataIDN Times/Istimewa

Ika menyebutkan, sustainability sudah menjadi istilah umum di berbagai kalangan, terutama dalam ruang lingkup bisnis, pemerintah, maupun lembaga masyarakat. Namun, tidak sedikit hambatan dalam menjalankannya, mengingat berbagai tantangan yang ada, mulai dari sumber daya, keahlian, hingga jaringan.

Dalam praktik keberlanjutannya, Multi Bintang Indonesia tidak lepas dari dukungan dan
kolaborasi dengan berbagai pihak terkait. Hal ini pun tertuang dalam Sustainability Report
2021, yang hari ini turut dirilis dengan mengusung tema “Embracing Differences, Brewing
Togetherness”.

Tema dari laporan tersebut menjelaskan bagaimana perusahaan dan lembaga
dari berbagai sektor berbeda dapat menciptakan kolaborasi yang bermakna dan menghasilkan manfaat bagi banyak orang dengan mengesampingkan kepentingan dan ambisi masing-masing dan memandang perbedaan sebagai perspektif baru yang saling memperkaya.

Seluruh inisiatif yang tertuang dalam Sustainability Report 2021 ini bernaung di bawah tiga pilar utama, yakni Lingkungan, Sosial, dan Konsumsi yang Bertanggung Jawab.Tiga pilar tersebut menjadi fokus utama perusahaan mengingat relevansinya dengan kondisi lingkungan dan masyarakat saat ini.

2. Berambisi menggunakan energi terbarukan pada 2025

Cut the Tosh, Multi Bintang Indonesia Ajak Kolaborasi Kerja NyataIlustrasi energi terbarukan (Dok. New Energy Nexus Indonesia)

Inisiatif dari Multi Bintang Indonesia seputar lingkungan terlihat dari berbagai inisiatif untuk
mencapai “Path to Net Zero Impact”. Hingga saat ini, 28% dari total konsumsi energi di fasilitas produksi Multi Bintang Indonesia berasal dari sumber energi terbarukan, termasuk pemanfaatan biomassa. Di tahun 2025 mendatang, Multi Bintang Indonesia berambisi untuk mencapai 100% penggunaan energi terbarukan dengan menerapkan tenaga surya.

Namun, Multi Bintang Indonesia menyadari bahwa keberlanjutan lingkungan tidak hanya
berbicara mengenai pelestarian alamnya saja, melainkan keterlibatan masyarakat sekitarnya.

Inilah yang mendorong perusahaan untuk memberdayakan komunitas lokal melalui program pembinaan bank sampah, dan saat ini sudah terbentuk lebih dari 300 unit yang tersebar di Tangerang dan Mojokerto, berjalan secara mandiri dan memberikan manfaat kepada sekitar 28.000 orang.

Tidak hanya itu, Multi Bintang Indonesia juga sangat memperhatikan pengelolaan air,
mengingat air merupakan 95% dari bahan dasar pembuatan bir. Program pengelolaan air ini mencakup berbagai inisiatif yang dilakukan dari hulu hingga ke hilir, mulai dari penghijauan hutan hingga pembangunan waste trap yang berfungsi sebagai penangkap sampah agar tidak mengalir di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) hingga ke laut.

3. Tetap lakukan langkah edukasi konsumsi alkohol yang bertanggung jawab

Cut the Tosh, Multi Bintang Indonesia Ajak Kolaborasi Kerja NyataJessica Setiawan, Marketing Director Multi Bintang Indonesia (IDN Times/Bintang)

Multi Bintang Indonesia juga memiliki inisiatif River2River sebagai langkah edukasi kepada masyarakat akan pentingnya konservasi air dan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, yang diharapkan dapat memulihkan area hingga 428 ha pada tahun 2025.

Selain itu, menegaskan konsumsi alkohol yang bertanggung jawab pun merupakan perjalanan tiada henti bagi Multi Bintang Indonesia sebagai produsen bir. “Tahun ini, kami membuat sebuah roadmap untuk 2021 hingga 2023, yang bertujuan untuk mengadvokasi konsumsi alkohol yang tidak berlebihan serta melawan penggunaan alkohol yang berbahaya. Strategi kami untuk tahun pertama dimulai dari program internal untuk karyawan, karena kami percaya bahwa sebelum merangkul komunitas eksternal, kami harus terlebih dahulu membangun fondasi yang kuat di dalam perusahaan, mulai dari diri sendiri,” jelas Ika.

Inisiatif tersebut meliputi sebuah kampanye bertajuk #IAmResponsible yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran melalui berbagai kegiatan interaktif seperti games dan kompetisi serta sosialisasi dan edukasi secara virtual.

“Meskipun begitu, apa yang sudah kami lakukan hingga saat ini mungkin masih bagaikan
setetes air di lautan. Itulah kenapa kita perlu lakukan ini bersama-sama, untuk mengatasi
tantangan yang ada dan meningkatkan dampaknya. Ini bukan waktunya berkompetisi,
melainkan berkolaborasi. Mari kita stop sekadar bicara, dan ubah jadi perbuatan. Let’s cut the talks, let’s Cut the Tosh!,” tutup Ika.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya