Cinta Orang Tua, Baznas Jabar Luncurkan Program Nyaah Ka kolot 1.0

Donasi korporat untuk program lansia

Bandung, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat meluncurkan 'program nyaah ka kolot (PNKK) 1.0'. Program tersebut sebagai bentuk nyata kepedulian akan para Lansia agar tetap memililki daya guna di masyarakat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat menyebutkan terdapat 4,83 juta jiwa yang berumur di atas 60 tahun di Jawa Barat di tahun 2020. Jumlah tersebut setara dengan 10.05 persen dari total penduduk Jawa Barat.

Jumlah tersebut diperkirakan terus meningkat seiring dengan meningkatnya umur harapan hidup (UHH). Dan lazimnya peningkatan jumlah lansia disertai dengan berbagai persoalan diantaranya Kesehatan warga lansia yang membutuhkan pengobatan dan bantuan secara ekonomi

"Program ini bukti komitmen BAZNAS Jawa Barat untuk memberikan pelayanan pada masyarakat sebagai langkah awal terbentuknya percontohan kampung ramah lansia," kata Wakil Ketua II Baznas Jabar, Ali Khosim saat peluncuruan PNKK 1.0 di Rajamandala Kulon, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 5 Oktober 2021.

1. Berbakti dan tetap cinta terhadap orang tua

Cinta Orang Tua, Baznas Jabar Luncurkan Program Nyaah Ka kolot 1.0dailymail.co.uk

Ali mengungkapkan bahwa PNKK 1.0 merupakan program yang mengusung tema Ethicpreneur sebagai unique value yang berorientasi pada kecintaan warga terhadap para lansia. Dimana program ini mengusung birrul walidain atau berbakti pada orang tua sebagai value dengan harapan membuka pintu Ridho Allah SWT dalam mempercepat Jawa Barat baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur.

"Desa ini dipilih karena sebelumnya telah dilakukan program Rutilahu dan secara alam memiliki potensi wisata yang cukup menarik diantaranya adalah Sanghyang Kenit dan Sumber Air Panas Alami," ungkapnya.

2. Program PNKK 1.0 khusus segmen orang tua diatas 60 tahun

Cinta Orang Tua, Baznas Jabar Luncurkan Program Nyaah Ka kolot 1.0ilustrasi lansia (pexels.com/Tristan Le)

Kegiatan Kick off program unggulan Baznas Jabar ini dilaksanakan secara hybrid yang dilaksanakan secara langsung di lokasi dan dan dihadiri para undangan secara daring. Hadir dalam kesempatan ini Pimpinan Baznas RI, Pimpinan Baznas Kabupaten Bandung Barat dan juga BJB Syariah, BULOG, Bank Sinarmas Syariah sebagai donator program PNKK 1.0.

Dalam kesempatan ini berbagai program PNKK 1.0 digelar secara langsung, dimulai dengan kegiatan Layanan Kesehatan, pembagian vitamin, pembagian beras sehat, dan dimulainya pembangunan Rutilahu.

Program PNKK 1.0 ini berbeda dari program pemberdayaan pada umumnya yang biasanya menyasar anak muda. Justru program ini mengambil segmen orang tua diatas 60 tahun sebagai penerima manfaat yang biasanya dianggap tidak produktif.

3. Ada program sekolah lansia

Cinta Orang Tua, Baznas Jabar Luncurkan Program Nyaah Ka kolot 1.0IDN Times/Istimewa

Ketua Pelaksana Baznas Jabar, Budi mengatakan bahwa Program Sekolah Lansia ini rencananya akan berlangsung setidaknya dalam tiga tahun. Selama itu, para Lansia akan ditingkatkan pengetahuannya mengenai kesehatan, spiritual dan ekonomi supaya mandiri dengan tingkat kebahagiaan tinggi di masa tuanya. Setiap tahun lansia akan dinilai dan diwisuda sesuai standar kemadirian yang telah ditentukan.

"Sosialisasi bantuan kemandirian ekonomi akan dibentuk Prakoperasi sebagai upaya pemberian simpanan untuk modal pemberdayaan Ayam Petelor Omega yang dikelola oleh Patriot Desa," jelasnya.

"Prakoperasi seiring waktu akan ditingkatkan statusnya menjadi Koperasi produksi. Harapan ke depan koperasi dapat tumbuh produktif dan berkembang menjadi Badan Usaha Milik Lansia (Bumilansia). Para lansia diharapkan dapat memetik bagi hasil dari usaha pemberdayaan peternak melalui skema bagi hasil 60:40 dengan para Patriot desa," tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya