Cari Sumber Air Baku, Perumda Tirtawening Gandeng Perum Tirta Jasa II

Kerja sama ini sebagai upaya menyediakan air bersih di Bandu

Purwakarta, IDN Times - Perumda Tirtawening Kota Bandung menjajaki kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMD) Perum Jasa Tirta II yang bergerak di bidang penyediaan air baku.

Penjajakan kerja sama ini dilakukan Perumda Tirtawening Kota Bandung sebagai salah satu upaya mencari sumber air baku untuk menyediakan air bersih bagi pelanggan di Kota Bandung. 

Direktur Utama Perumda Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan, penjajakan kerja sama dengan Perum Jasa Tirta II menjadi alternatif pihaknya dalam upaya menghadirkan air bersih.

"Ini adalah upaya kita untuk bisa menghadirkan air bersih untuk Kota Bandung. Waduk Jatiluhur merupakan waduk terakhir yang ada di kawasan cekungan Bandung," kata Sonny Salimi dalam kunjungannya ke Waduk Ir H Djuanda atau biasa disebut Waduk Jatiluhur bersama rombongan anggota DPRD Kota Bandung, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta pada Selasa 10 Oktober 2023.

 

1. Ajak anggota DPRD Kota Bandung melihat kondisi sumber air baku

Cari Sumber Air Baku, Perumda Tirtawening Gandeng Perum Tirta Jasa IIIDN Times/Yogi Pasha

Sonny menyebutkan, salah satu pokok penjajakan kerja sama ini adalah meminta bantuan dalam ketersediaan air baku dari pengelola Waduk Jatiluhur. Pihaknya berharap, semua sesuai rencana.

"Maka kami juga mengajak anggota dewan, untuk melihat secara langsung kondisi real di lapangan. Dan alhamdulillah, air baku disini masih melimpah disaat puncak El Nino sekalipun," ucapnya.

Dengan mengandeng DPRD Kota Bandung, setidaknya keinginan Perumda Tirtawening Kota Bandung untuk dapat memanfaatkan ketersediaan air baku Waduk Jatiluhur dapat terwujud.

"Kita ingin sama-sama paham, agar bisa memanfaatkan air Jatiluhur ini untuk Kota Bandung. Karena selama ini, Waduk Jatiluhur juga dimanfaatkan daerah lainnya yaitu Bekasi dan Jakarta," ujar dia.

2. Pemkot Bandung belum memiliki anggaran

Cari Sumber Air Baku, Perumda Tirtawening Gandeng Perum Tirta Jasa IIIDN Times/Yogi Pasha

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan menyambut baik, atas kegigihan Perumda Tirtawening Kota Bandung dalam upayanya mencari ketersediaan air baku untuk Kota Bandung.

Sebab dituturkan Tedy, kebutuhan air baku Kota Bandung selama ini sangat tergantung kepada dua wilayah saja. Yakni di kawasan Bandung Utara dan kawasan Bandung Selatan.

"Tentu kita harus membuka ruang pembahasan, dan hari ini kita akan mendengar paparan terkait dengan anggaran. Dan kita mendapat informasi, bahwa akan didukung dari pemerintah pusat," kata Tedy Rusmawan.

Tedy menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, sementara tidak memiliki anggaran untuk mewujudkan keinginan Perumda Tirtawening. Sehingga peluang tersebut menjadi hal positif.

3. Perum Jasa Tirta II siap kolaborasi dalam penyediaan air bersih di Bandung

Cari Sumber Air Baku, Perumda Tirtawening Gandeng Perum Tirta Jasa IIIDN Times/Yogi Pasha

Di lain sisi, Direktur Pengembangan Usaha Perum Jasa Tirta II Dikdik Permadi Yoffana mengaku, siap melakukan kerja sama tentang penyediaan air baku untuk wilayah Kota Bandung.

"Kita siap berpartisipasi memenuhi air bersih. Dan tentunya kita akan berkolaborasi dengan BUMN lain seperti Danareksa sebagai holding kita yang akan mensupport dari sisi pendanaan," kata Dikdik Permadi Yoffana. 

 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya