Cara Kelola Ruang Laut Melalui Seni Budaya Maritim 

Seni Budaya Maritim juga miliki peran penting jaga laut

Bandung, IDN Times - Ketua Pelaksana Marine Spatial Planning & Services Expo 2022, Muh Rasman Manafi mengatakan, Seni Budaya Maritim memiliki peranan penting dalam pengelolaan ruang laut agar bisa terus melaju.

Rasman yang juga Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi itu mengilustrasikan kura-kura yang mampu bertahan hidup ratusan tahun dan di perairan laut mana pun.

“Dalam bagan pemodelan kura-kura untuk pengelolaan ruang laut dan perlindungan lingkungan laut menempatkan budaya maritim nusantara sebagai salah satu kaki yang menjadi kekuatan untuk mengayuh laju Kelautan Indonesia,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (13/9/2022).

1. Pentingnya kebijakan budaya maritim nusantara

Cara Kelola Ruang Laut Melalui Seni Budaya Maritim IDN Times/Istimewa

Perpres tentang Kebijakan Kelautan Indonesi, kata dia, telah mengisyaratkan betapa pentingnya Kebijakan Budaya Maritim Nusantara. Dinyatakan bahwa Budaya Maritim setara posisinya dengan informasi perencanaan dan perlindungan tata ruang laut.

“Ruang laut harus komprehensif dalam perencanaan tidak hanya teknis tetapi budaya yang ada di ruang itu dapat diakomodir klasternya,” ujar dia.

Acara yang digelar di Pullman Jakarta Central Park pada Tanggal 13 -15 September 2022 itu mendapat perhatian berbagai kalangan termasuk pelaku seni budaya karena isue tersebut menjadi salah satu perbincangan startegis dalam tata kelola dan kebijakan global saat ini dan masa depan.

2. Ikut memberikan kontribusi dalam dunia kemaritiman melalui seni dan budaya

Cara Kelola Ruang Laut Melalui Seni Budaya Maritim Rani Nurlaela Desandi

Sementara itu, ISBI Bandung melalui Tim Riset Seni Maritim yang diketuai oleh Yanti Heriyawati diundang secara khusus dalam event ini untuk memberikan kontribusi dalam dunia kemaritiman dari bidang seni budaya.

“Secara khusus kami menggarap Seri Jelajah Negeri Maritim dalam judul LAYAR SAUH. Karya ini digarap berdasarkan hasil perjalanan riset menyusuri pesisir Nusantara,” kata Yanti yang juga Direktur Pascasarjana ISBI Bandung itu.

3. Mendapat perhatian pengunjung

Cara Kelola Ruang Laut Melalui Seni Budaya Maritim IDN Times/Istimewa

Yanti mengaku berterima kasih kepada Muh Rasman Manafi yang memfasilitasi booth untuk ISBI Bandung agar dapat memamerkan karya Seni Maritim yang telah dihasilkan berdasarkan riset.

Pantauan di lapangan booth Seni Maritim ISBI Bandung cukup mendapat perhatian khusus pengunjung. Berbagai karya publikasi hasil penelitian berupa foto, poster, buku, batik, kerajian, rencong, dan live painting menjadi daya tarik sendiri. Selain performance dan booth, ISBI juga menayangkan dokumentasi Seni Maritim.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya