Bus Bima Suci Terguling di Tol Cipularang, 7 Orang Tewas

Puluhan penumpang terluka dirawat di tiga rumah sakit

Purwakarta, IDN Times - Tujuh penumpang tewas dan puluhan lainnya terluka setelah Bus Bima Suci mengalami kecelakaan tunggal di ruas Tol Cipularang KM70+400 Jalur B (Bandung arah Jakarta) Senin(28/1).

Belum diketahui penyebab pasti kecelakaan yang mengakibatkan bus Bima Suci dengan nopol A 75200 CS itu terguling setelah menabrak pembatas jalan tol. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purwakarta masih melakukan penyelidikan terkait kecelakaan tunggal Bus Bima Suci yang sarat penumpang tersebut.

1. Bus Bima Suci datang dari arah Bandung menuju Jakarta

Bus Bima Suci Terguling di Tol Cipularang, 7 Orang TewasTol Trans Jawa (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Kecelakaan tunggal Bus Bima Suci dengan nopol A 75200 CS ini diketahui datang dari arah Bandung menuju Jakarta. Bus yang sarat penumpang itu terguling di KM70+400 atau tepatnya di Kampung Sukamanah, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Senin (28/1).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, peristiwa kecelakaan tunggal itu terjadi di Jalur B, ruas Tol Cipularang atau bus berada di lajur arah Bandung menuju Jakarta.

"Belum diketahui penyebab pasti kecelakaan tersebut. Namun, dalam peristiwa ini 7 penumpang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka," kata dia.

2. Korban selamat dirawat di tiga rumah sakit

Bus Bima Suci Terguling di Tol Cipularang, 7 Orang Tewaskt-lawyers.com

Kecelakaan maut di ruas Tol Cipularang jalur B (Bandung arah Jakarta) ini mengakibatkan puluhan penumpang terluka. Sementara, berdasarkan data sementara, 7 penumpang dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal tersebut. 

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adi Pratama mengatakan, korban meninggal dunia akibat terbaliknya Bus Bima Suci di ruas Tol Cipularang sebanyak tujuh orang. Empat penumpang dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian dan tiga lainnya meninggal di rumah sakit setelah mendapatkan perawatan.

"Kami mengevakuasi para korban ke sejumlah rumah sakit, antara lain Rumah Sakit Siloam, MH Thamrin, dan Rumah Sakit Ramahadi. Dari semua korban tersebut tujuh orang diketahui meninggal dunia," ungkap Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adi Pratama.

3. Kondisi bus hancur setelah alami kecelakaan tunggal di Tol Cipularang

Bus Bima Suci Terguling di Tol Cipularang, 7 Orang TewasIDN Times/istimewa

Kondisi Bus Bima Suci yang mengalami kecelakaan tunggal di ruas Tol Cipularang hancur setelah menabrak pembatas jalan dan terguling di KM70+400, sekitar pukul 09.40WIB, Senin(28/1). 

Bus yang terguling dan mengakibatkan 7 penumpang tewas serta puluhan lainnya terluka itu mengalami kerusakan parah di bagian bagian depan. Bahkan, atap bus terlepas dari badannya serta sejumlah kursi juga lepas dari dudukannya dan berada di badan jalan.

Belum diketahui pasti penyebab kecelakaan tunggal ini. Namun, Bus Bima Suci yang diperkirakan membawa 30 penumpang itu tengah melaju dari arah Bandung menuju Jakarta yang diduga tengah berkecepatan tinggi.

Kecelakaan maut itu terjadi di KM70+400 jalur B atau tepatnya di Kampung Sukamanah, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Saat terjadi kecelakaan kondisi cuaca memang sedang hujan sehingga mengakibatkan jalanan sedikit licin.

4. Kesaksian korban selamat, sopir sempat banting strir ke kiri dan rem mendadak

Bus Bima Suci Terguling di Tol Cipularang, 7 Orang TewasGOOGLE.COM

Kecelakaan maut di ruas Tol Cipularang, Senin(28/1) pagi mengakibatkan 7 penumpang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. Korban selamat telah dievakuasi ke sejumlah rumah sakit di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Salah seorang penumpang bus Bima Suci yang selamat, Suherman mengaku, sebelum insiden naas itu terjadi, sopir sempat membanting stir ke kiri dan mengerem mendadak. Hingga akhirnya, bus yang membawa penumpang sekitar 30 orang itu menabrak pembatas jalan dan terguling.

"Kebetulan pada saat kejadian saya tidak tidur.  Tiba-tiba saja sopir bus sempat membanting stir sebelum akhirnya terlibat kecelakaan tunggal, " Suherman.

Sementara itu, keterangan berbeda diungkapkan Muchlisin, warga Bandung. Menurutnya, Bus Bima Suci berangkat dari Bandung (Terminal Leuwi Panjang) tujuan Merak. Bus sempat melakukan kontrol di Rest Area 72 dan kemudian melanjutkan perjalanan mengarah Jakarta.

Ketika berada di lokasi kejadian, bus yang ditumpanginya sempat mengambil lajur kanan untuk menyalip kendaraan di depannya. Namun, entah kenapa bus langsung mengambil lajur kiri. "Cuaca memang hujan. Bus oleng dan menabrak pembatas dan masuk parit pinggir tol," ujar dia. 

5. Polisi masih selidiki penyebab kecelakaan tunggal Bus Bima Suci

Bus Bima Suci Terguling di Tol Cipularang, 7 Orang TewasIDN Times/Musthofa Aldo

Kecelakaan maut di ruas Tol Cipularang mengakibatkan tujuh penumpang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Purwakarta masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan maut di ruas Tol Cipularang Km 70+400 Jalur B (dari Bandung arah Jakarta), Kampung Sukamanah Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (28/1/2019). 

Berdasarkan keterangan sementara, Bus Bima Suci A 7520 CS yang sarat penumpang itu datang dari arah Bandung menuju Jakarta. Kondisi jalan yang lurus dan cuaca hujan hingga membuat permukaan jalan menjadi licin diduga menjadi penyebab kecelakaan. 

Namun, petugas kepolisian belum berani menyimpulkan penyebab kecelakaan tersebut. Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adi Pratama pun belum memberikan keterangan resmi soal sebab terjadinya kecelakaan. 

"Kami masih menyelidikinya," ungkap Ricky.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya