Buka ITB Press Store, Cara ITB Dorong Literasi di Kalangan Millennial

Bisa menjadi jembatan antara penulis dan pembaca

Bandung, IDN Times - Salah satu upaya untuk mengajak anak muda mau membaca dan berliterasi, Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka ITB Press Store, yang diresmikan langsung oleh Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D, Kamis (22/12/2022). ITB Press Store sendiri terletak di Gedung STP ITB Lantai 1 Jalan Ganesa No.15 Bandung.

“Sudah cita – cita ITB dari dulu memiliki store sepert ini. Sebetulnya ITB Press Store seperti ini sudah ada di kampus ITB, namun memang kecil. Anak muda zaman sekarang kan beda, apalagi saya melihat kampus lainnya sudah punya, jadi kenapa tidak ITB juga apalagi ini bisa membantu anak muda berliterasi ya minimal untuk lingkungan anak muda Jawa Barat,” papar Prof. Reini, yang ditemui usai peresmian ITB Store.

1. Permudah anak muda cari dan dekat dengan buku

Buka ITB Press Store, Cara ITB Dorong Literasi di Kalangan MillennialIDN Times/Istimewa

Ia berharap dengan hadirnya ITB Press Store maka bisa membantu kalangan anak muda untuk dekat dengan buku. “Kalau orang lihat toko bukunya sudah menyenangkan, bukunya bagus-bagus apalagi ada story telling-nya, bisa jadi membaca itu ‘cool’, menjadi kutu buku itu keren. Apalagi anak muda sekarang kan memang suka yang keren,” ujarnya.

Reini menyebutkan, ITB Press Store itu juga menjadi salah satu cara ITB mendekatkan diri kepada masyarakat, sehingga tidak seperti kampus menara gading.

“ITB saat ini memang dinilai seperti sibuk sendiri, tidak peduli dengan masyarakat. Padahal bukan begitu kamu memang kewalahan dengan urusan ITB sendiri, sehingga terkesan kurang terbuka dengan masyarakat. Dan ini salah satu cara kami membuka diri dan memberikan kesempatan untuk masyarakat mengenal lebih dekat dengan ITB. Dan mengajak hayu maju bersama,” tambahnya.

2. ITB Press Store jadi jembatan antara penulis dan pembaca

Buka ITB Press Store, Cara ITB Dorong Literasi di Kalangan MillennialIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Direktur ITB Press Store Alga Indria menyebutkan, ITB Press Store merupakan jembatan antara penulis dan pembaca, jadi bukan hanya penerbitan buku dari kalangan internal ITB saja namun juga bisa dari pihak luar.

"Pidi Baiq juga sudah berminat untuk menerbitkan bukunya bersama kami, ada juga beberapa nama dari penulis luar yang memang sudah menerbitkan bukunya dengan ITB Press Store,” papar Alga.

Alga juga menyebutkan jika ITB Press Store merupakan bagian dari perancanaan dan pengembangan bisnis ITB yang mengembangkan bisnis penerbitan buku, kebutuhan berbagai alat dan sarana serta prasarana oembelajaran civitas akademika ITB dan umum.

“Kami juga menyediakan berbagai layanan Ganeshirt yang merupakan marchd ITB, Ganesha Tecnoprint dan elektornik yang menunjang kebutuhan mahasiswa bekerjasama dengan store resmi di Indonesia. Sehingga ITB Press Store ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi siapapun yang datang ke Bandung, jika ingin buah tangan khas Bandung yang tentunya bercirikan ITB bisa ke ITB Press Store,” ungkap lulusan ITB Tahun 1998 ini. 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya