Berkontribusi bagi Kemajuan Bangsa, Bantuan PKH Harus Dilanjutkan

Ada empat komponen PKH yang berguna bagi masyarakat

Bandung, IDN Times - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tubagus Ace Hasan Syadzily, mengatakan, bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) harus terus dilanjutkan. Pasalnya program tersebut sangat berkontribusi bagi kemajuan masa depan bangsa.

Demikian disampaikan Tubagus Ace Hasan Syadzily atau biasa disapa Kang Ace saat memberikan arahan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang dihadiri Ketua Keluaraga Penerima Manfaat (KPM) PKH Kec. Baleendah dan Ciparay di GOR Sajabat Majakerta Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Sabtu (23/12/2023).

“Bantuan PKH adalah program pemerintah pusat dimana saya ikut terlibat dalam pembahasan dan memberikan keputusan program tersebut. Saya berharap program ini terus berlanjut karena sangat bermanfaat bagi masyarakat,” papar Kang Ace dihadapan ratusan Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH itu.

1. Komponen PKH berguna dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa

Berkontribusi bagi Kemajuan Bangsa, Bantuan PKH Harus DilanjutkanIDN Times/Istimewa

Ia menjelaskan, dirinya sengaja memilih duduk di komisi VIII salah satu alasannya karena ingin terus mengawal program PKH. “Di lapangan tentu banyak kendala-kendala tapi kita ingin program PKH ini bisa terus mensejahterakan rakyat,” sambungnya.

Bangsa ini, kata Kang Ace, adalah bangsa besar yang harus dibangun oleh orang-orang besar. Agar itu bisa terwujud maka seluruh rakyat harus sehat dan berpendidikan. Semua rakyat harus sejahtera.

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui program PKH. Karena itu program ini harus digunakan sebagaimana mestinya,” tuturnya.

Kang Ace kemudian menjelaskan terkait empat komponen PKH yang sangat berguna dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa kedepan. Seperti komponen Ibu hamil, ibu menyusui dan balita untuk komponen kesehatan.

“Melalui PKH tidak boleh ada ibu-ibu yang melahirkan anak stunting. Yakni anak yang gagal tumbuh karena kekurangan gizi,” ujarnya.

2. Gunakan bantuan PKH sesuai dengan peruntukannya

Berkontribusi bagi Kemajuan Bangsa, Bantuan PKH Harus DilanjutkanIDN Times/Istimewa

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat itu menegaskan dirinya tidak ingin uang bantuan PKH digunakan selain untuk peruntukannya.

“Stunting itu membahayakan bagi masa depan bangsa. Tidak hanya fisik tapi juga otak. Karena anak stunting nanti sulit untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan bangsa,” jelas Kang Ace.

Karena kata dia, basis paling awal dalam kehidupan adalah masa-masa kehamilan. “Ibu hamil harus dibikin senang. Ibu hamil harus dipastikan mendapatkan asupan gizi yang baik,” tambahnya.

Selanjutnya, komponen pendidikan yakni bantuan untuk siswa SD, SMP, SMA bahkan mereka yang meneruskan ke perguruan tinggi.

“Tidak boleh ada anak yang tidak sekolah gara tidak punya sepatu. Tidak punya biaya. Tidak boleh ada anak Indonesia yang tidak sekolah karena tidak punya seragam dan PKH adalah solusinya,” sebutnya.

3. Bantuan PKH dinilai sangat dibutuhkan masyarakat

Berkontribusi bagi Kemajuan Bangsa, Bantuan PKH Harus DilanjutkanIDN Times/Istimewa

Kang Ace menerangkan, PKH telah membantu anak-anak Indonesia dalam mendapatkan alat-alat pendidikan. Sebab tidak boleh ada lagi yang buta huruf di negeri ini. Minimal semua warga lulus SMA dan punya keterampilan.

“Jadi, bapak ibu, gunakan uang pendidikan itu untuk sekolah anak. Gunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peruntukannya,” pesan Kang Ace.

Komponen ketiga, kata Kang Ace, adalah bantuan untuk lansia. Mengapa, itu dibutuhkan karena diera sekarang banyak orang yang melupakan orang tua karena kesibukannya. Sebab itu negara hadir untuk mereka.

“Komponen keempat, disabilitas. Mereka juga harus mendapat perhatian setara dari negara. Sebab itu PKH diberikan untuk mereka,” kata Kang Ace.

Pada hari dan di tempat itu pula Kang Ace juga memberikan arahan yang sama dalam rangka P2K2 untuk para Ketua KPM PKH Kecamatan Ibun Kabuapten Bandung.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya