Berakhir Besok, PSBB Kota Bandung Dilanjutkan PSBB Jabar pada 6 Mei

PSBB Bandung diperpanjang hingga 19 Mei mendatang

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selesai pada Selasa, 5 Mei. Namun, pelaksanaan PSBB di wilayah Kota Bandung akan dilanjutkan selama 14 hari kedepan mengikuti kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menerapkan PSBB Jabar.

Pelaksanaan PSBB Jabar ini akan di mulai pada Rabu, 6 hingga 19 Mei 2020, mendatang. Dengan demikian, PSBB di Kota Bandung otomatis akan diperpanjang selama 14 hari ke depan.

1. Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bandung tidak memperpanjang PSBB Bandung

Berakhir Besok, PSBB Kota Bandung Dilanjutkan PSBB Jabar pada 6 MeiIDN Times/Humas Bandung

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung telah menggelar rapat. Salah satu putusannya yaitu tidak memperpanjang PSBB di Kota Bandung. 

“Kami sudah selesai 5 Mei. Tetapi, gubernur mau mengadakan program kebijakannya untuk Jawa Barat.  Kalau diperpanjang itu kebijakan provinsi, yang pasti kita ikuti,” ujar Wali Kota bandung, Oded M. Danial di Media Center COVID-19 di Balai Kota Bandung , Senin (4/5).

2. Tidak ada aturan yang berubah selama perpanjangan PSBB Jabar

Berakhir Besok, PSBB Kota Bandung Dilanjutkan PSBB Jabar pada 6 MeiIDN Times/Debbie Sutrisno

Oded mengatakan, untuk pelaksanaan PSBB Jabar, Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait PSBB tidak diubah. Sehingga, Gugus Tugas Kota Bandung masih berjalan. Hanya saja Kebijakan PSBB ada di provinsi, akan tetapi untuk pelaksanaannya tetap pada Kabupaten dan Kota.

"Semua peraturan sesuai dengan perwal dan Gugus Tugas Kota Bandung masih berjalan," kata Oded.

Baca Juga: Pemkot Bandung Tidak Perpanjangan Masa PSBB, Begini Alasannya

3. Oded nilai PSBB Bandung berhasil tekan penyebaran COVID-19

Berakhir Besok, PSBB Kota Bandung Dilanjutkan PSBB Jabar pada 6 MeiIDN Times/Humas Bandung

Oded menilai, PSBB Kota Bandung yang di mulai sejak 22 April lalu cukup berhasil. Tolak ukurnya dari pembatasan serta rekayasa dan mitigasi percepatan penyebaran Covid 19.

“Menurut analisa para pakar, kalau saja tidak diadakan PSBB, mungkin penyebarannya  bisa meningkat luar biasa. Alhamdulillah dengan PSBB memberikan mitigasi, memberikan dampak angkanya kasusnya cukup landai. Kasus meninggal dunia sampai saat ini 32 orang. Padahal sebelumnya kasus meninggal bisa 4-7 orang per hari,” ungkapnya.

Baca Juga: PSBB Berdampak Baik di Bandung, Penderita COVID-19 Tambah 1 Sehari

4. Masyarakat tetap diminta disiplin jalankan PSBB Jabar

Berakhir Besok, PSBB Kota Bandung Dilanjutkan PSBB Jabar pada 6 MeiIDN Times/Humas Bandung

Sementara itu, Koordinator Bidang Operasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Rita Verita meminta agar masyarakat Kota Bandung untuk tetap disiplin dalam menjalankan phisycal distancing selama pandemik COVID-19. Selain itu, PSBB Jabar juga akan segera di mulai pada Rabu(6/5), mendatang. 

"Kami harap seluruh masyarakat paham dengan pemberlakuan PSBB ini. Kami juga mengimbau  keterbukaan dari masyarakat yang merasakan gejala segera memeriksakan diri ke pelayanan Kesehatan. Kita akan tangani dengan sebaik baiknya,“ ujarnya.

Baca Juga: Ikut PSBB Jabar, Bandung Raya Lanjut hingga 19 Mei, Bodebek 12 Mei

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya