Bendung Katulampa Siaga II, Bima Arya Imbau Warga Siaga Bencana Banjir

Warga Jakarta diimbau siaga kiriman air dari Bogor

Bogor, IDN Times - Wali Kota Bogor Bima Arya mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah alirasn sungai (DAS) untuk siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir dan longsor. Sebab, kondisi air yang di bendungan Katulampa Bogor mencapai 170 CM atau siaga II.

"Saat ini, saya berada di Bendung Katulampa. Kondisinya permukaan air tinggi mencapai 170 cm dan statusnya Siaga II," kata Bima Arya Sugiarto saat mengunjungi Bendung Katulampa, di Kota Bogor, dilansir Antara, Rabu(1/1).

Menurut Bima Arya, warga masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai Ciliwung harus waspada dan mengantisipasi datangnya banjir.

"Petugas maupun warga agar terus berkoordinasi guna mengantisipasi bencana. Semoga tidak terjadi apa-apa," kata Bima Arya.

Berdasarkan informasi dari petugas, menurut Bima, curah hujan di bagian hulu yakni di kawasan Puncak Bogor masih tinggi. Bima juga mengingatkan warga Kota Bogor dan sekitarnya, terutama yang tinggal di daerah aliran sungai, untuk mengantisipasi datangnya bencana banjir.

Bima juga mengingatkan, Lurah dan Camat untuk terus siaga, terutama di 13 kelurahan di Kota Bogor yang dilalui aliran sungai Ciliwung.

Sementara itu, Petugas Pintu Air Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, tinggi permukaan air d Bendung Katulampa naik menjadi 170 cm atau Siaga II sejak sekitar pukul 07.30 WIB.

Andi Sudirman juga mengingatkan, warga Bogor dan Jakarta terutama yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai Cilieung agar bersiaga dan mengantisipasi, karena aliran air dari Bogor ke Jakarta akan mengalir dalam waktu delapan hingga 12 jam.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya