Bela Buruh Tani, Dedi Mulyadi Minta Mentan Perbaiki Sistem Pertanian

Dedi menilai selama ini koordinasi antarinstansi masih minim

Bandung, IDN Times - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan perhatian lebih pada kesejahteraan buruh tani. Menurut dia, mentan harus berani membenahi koordinasi antarinstansi guna menciptakan sistem pertanian terintegrasi yang ujungnya mensejahterakan buruh tani.

“Problem pertanian di Indonesia itu faktornya setiap kementerian dan organisasi perangkat daerah itu berjalan sendiri-sendiri tidak terintegrasi,” kata Dedi.

1. Siklus koordinasi masih minim

Bela Buruh Tani, Dedi Mulyadi Minta Mentan Perbaiki Sistem PertanianIDN Times/Istimewa

Dia menyebutkan, minimnya koordinasi menyebabkan pertanian menjadi korban dari tidak beresnya penataan hulu terkait tidak berhentinya penambangan dan penebangan liar hingga hilir sungai yang rusak oleh pencemaran dan keramba jaring apung.

“Musibah seluruh proses ini yang paling “menikmati” adalah pertanian. Dan yang paling menderita itu buruh taninya. Mereka membeli beras dari padi yang ditanam dan sudah dibeli tengkulak dengan upah buruh,” tuturnya.

Siklus ini membuat performa para buruh tani makin rendah karena posisi mereka yang makin termajinalkan mengingat kondisi kesejahteraannya tahun ke tahun tidak pernah membaik. “Rumahnya jelek, jaminan kesehatan dan pendidikannya rendah. Dari persfektif ini saya memberikan saran lindungi buruh tani,” katanya.

2. Sudah disampaikan langsung kepada mentan

Bela Buruh Tani, Dedi Mulyadi Minta Mentan Perbaiki Sistem PertanianIDN Times/Asrhawi Muin

Dedi mengaku, persoalan kesejahteraan para petani di Tanah Air ini sudah disampaikan langsung kepada Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam rapat dengar pendapat. Dia berharap, mentan bisa mengedepankan persoalan ini sebagai prioritas membenahi tata kelola pertanian di Indonesia.

“Berikan buruh tani jaminan kesehatan yang memadai bukan hanya BPJS kesehatan yang disubsidi, berikan jaminan rumah memadai, jaminan pendidikan, agar orangtua berbondong-bondong dan bersedia menjadi buruh tani guna menjaga swasembada pangan, ungkapnya.

3. Kementan diharapkan tegas terhadap masalah tata ruang

Bela Buruh Tani, Dedi Mulyadi Minta Mentan Perbaiki Sistem PertanianANTARA FOTO/Umarul Faruq

Dia juga meminta agar Kementerian Pertanian bersama kementerian lintas bidang konsisten menangani urusan hulu terutama urusan pertambangan yang kini izinnya berada di provinsi. “Tetapkan dengan jelas mana wilayah tambang dan nontambang,” ujarnya.

Dia juga mendesak kementan turut tegas pada urusan tata ruang yang oleh kepentingan politik kerap kali mengubah areal sawah menjadi areal komersil. Terlebih izin untuk pendirian properti dan industri saat ini makin cepat diproses. “Sebentar lagi daerah penghasil swasembada pangan di Pantura Jabar akan semakin susut dan hilang,” katanya.

Persoalan ini jika tidak ditangani menurutnya akan membuat multidimensi dan kompleks. Karena itu Dedi menegaskan Kementerian Pertanian harus mengambil langkah strategis dengan membenahi koordinasi dari pusat sampai daerah dalam urusan pertanian.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya