ASMTB: Profesi Sekretaris Tak Dapat Digantikan Peran AI

Tetap siapkan tenaga sekretaris profesional

Bandung, IDN Times - Kemajuan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dihindari dan telah banyak membantu dalam memudahkan pekerjaan sehari-hari. Namun, teknologi juga dapat mengancam lapangan pekerjaan yang selama ini ada di masyarakat.

Menurut World Economic Forum (2023), teknologi kecerdasan buatan (AI) akan memengaruhi 83 juta lapangan pekerjaan dalam waktu lima tahun ke depan, salah satunya profesi sekretaris

Namun, AKademi Sekretaris Manajemen Taruna Bakti (ASMTB) optimistis, peran profesional sekretaris tidak dapat digantikan oleh teknologi kecerdasan buatan (AI). Karena itu, ASMTB akan tetap menciptakan sumber daya manusia (SDM) sekretaris profesional untuk menentukan keberhasilan perusahaan.

Direktur Akademi Sekretari Manajemen Taruna Bakti (ASMTB), Dr. Chandra Hendriyani, M.Si., CHCM mengungkapkan, pada faktanya berdasarkan analisa pada lapangan kerja yang sesungguhnya terutama di Indonesia, peran sekretaris di era modern ini lebih besar dari sebelumnya dan sekretaris sangat menentukan keberhasilan perusahaan dimana peran strategis sekretaris yang dituntut untuk lebih dominan dalam pekerjaannya.

"Tugas sekretaris diantaranya dalam mendampingi pimpinan dalam melaksanakan tugasnya dan membangun komunikasi secara internal maupun eksternal dengan relasi tidak akan tergantikan oleh kecanggihan teknologi yang dikenal dengan teknologi kecerdasan buatan (AI)," kata dia.

1. Tenaga profesional sekretaris akan tetap eksis

ASMTB: Profesi Sekretaris Tak Dapat Digantikan Peran AIIDN Times/Istimewa

Dia menjelaskan, profesi sekretaris akan tetap eksis dan dibutuhkan pada setiap institusi/lembaga/perusahaan sehingga tidak mudah tergantikan oleh AI. Ada tiga hal sekretaris tak bisa tergantikan oleh teknologi kecerdasan buatan.

Pertama, sekretaris Profesional Memiliki Kemampuan Kognitif Luar Biasa. Kemampuan kognitif yang tidak dimiliki oleh AI seperti Verbal Reasoning (kemampuan menganalisa & menyelesaikan masalah dengan kata/kalimat secara tertulis dan lisan).

"Logical Reasoning (kemampuan menganalisa & menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan yang logis dan hubungan antara ide atau pernyataan), dan Perceptual Speed (kemampuan mengidentifikasi & memproses informasi secara cepat dan akurat, khususnya dalam situasi yang memerlukan pengambilan keputusan atau tindakan cepat)," ujar dia.

2. Performa, attitude, dan keterampilan harus dikuasai secara profesional

ASMTB: Profesi Sekretaris Tak Dapat Digantikan Peran AIilustrasi mempelajari tema (unsplash.com/Annie Spratt)

Kemudian, kata dia, sekretaris profesional memiliki kecerdasan emosional seperti self-awareness, rasa empati dan social skills yang menerapkan kemampuan emosional untuk membangun hubungan sosial yang kuat dengan sekitarnya tidak dapat tergantikan oleh AI.

Sekretaris memiliki kemampuan menguasai teknologi office management. Mahasiswa yang kuliah jurusan sekretaris di ASMTB akan secara profesional menguasai kemampuan yang dibutuhkan oleh manajemen dan administrasi perkantoran, dilengkapi dengan sertifikasi Microsoft Office Specialist, sertifikasi internasioal TOEIC dan sertifikasi administrasi perkantoran BNSP.

"Untuk menjadi sekretaris yang berorientasi global dan memiliki daya saing internasional maka performance, attitude, pengetahuan dan keterampilan merupakan hal yang harus dikuasai secara profesional di mana semua hal tersebut dipelajari dan dipraktikkan secara mendalam di ASM Taruna Bakti (ASMTB)," kata dia. 

3. Posisi sekretaris tak mudah digantikan oleh AI

ASMTB: Profesi Sekretaris Tak Dapat Digantikan Peran AIilustrasi negosiasi dengan atasan (pexels.com/Anna Shvets)

Dia juga menyebutkan, sebanyak 60 persen lulusan ASMTB sudah bekerja sebelum wisuda di perusahaan nasional dan multinasional.

"Dengan demikian, profesi sekretaris tidak akan mudah tergantikan oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) dan akan tetap menjadi salah satu kebutuhan utama dari sebuah perusahaan/institusi/lembaga," pungkas dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya