Ace Hasan Syadzily Disebut Layak Jadi Menpora Gantikan Zaenudin Amali

Mundurnya Zaenudin jadi sorotan publik

Bandung, IDN Times - Mundurnya Zaenudin Amali dari kursi Menpora dan lebih memilih konsentrasi di PSSI mendapat sorotan dari masyarakat. Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily disebut-sebut layak untuk menggantinya.

“Pak Ace ini kan mantan juru bicara Tim Kampanye Jokowi - Ma’ruf Amin, masih muda dan cukup memiliki prestasi dibidangnya. Sebagai sesama kader Golkar , Pak Ace memang layak bila ditunjuk Presiden untuk menggantikan Pak Zaenudin Amali jadi Menpora baru,” kata Pakar Politik UNPAD Bandung, Dr. Drs. Asep Sumaryana, M.Si, kepada Wartawan di Bandung, Rabu (22/2/2023).

1. Hormati keputusan Zaenudin untuk konsentrasi di PSSI

Ace Hasan Syadzily Disebut Layak Jadi Menpora Gantikan Zaenudin AmaliMenteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali saat jumpa pers Soprema. (Dok.Istimewa)

Menurut dia, mundurnya Zaenudin Amali dari Menpora karena hanya ingin berkonsentrasi di PSSI tetap harus dihormati. Meskipun pihaknya sangat menyesalkan kemunduran yang bersangkutan ditengah situasi saat ini.

Kepala Departemen Adminiatrasi Publik Fisip UNPAD itu memberi alasan mengapa Tubagus Ace Hasan Syadzily layak menjadi Menpora. “Pertama, Pak Ace ini selain memilik ‘chesmistry’ yang baik dengan Presiden karena memang beliau mantan jubirnya, Pak Ace juga secara akademis sangat mumpuni,” kata Asep Sumaryana.

2. Politisi yang duduk di pimpinan komisi VIII

Ace Hasan Syadzily Disebut Layak Jadi Menpora Gantikan Zaenudin AmaliIDN Times/Lia Hutasoit

Kedua, jelas Asep, sebagai politisi yang kini duduk di pimpinan Komisi VIII, kehadiran Tubagus Ace Hasan juga akan memberikan warna positif bagi pemajuan kepemudaan dan keolahragaan.

“Dia kan mantan aktivis kampus juga pasti tahu betul arah yang diharapkan presiden untuk kemajuan kepemudaan dan keolahragaan di Tanah Air,” sambungnya.

3. Waktunya pemuda untuk memajukan kepemudaan dan olah raga

Ace Hasan Syadzily Disebut Layak Jadi Menpora Gantikan Zaenudin AmaliPolitikus Golkar Ace Hasan Syadzily (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Selanjutnya, kata Asep, kehadiran Ace secara aspek intelektual tak perlu diragukan. “Beliau ini doktor alumni UNPAD didukung beragam pengalaman lainnya yang patut dibanggakan pasti cocok membawa Kemenpora ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Waktunya yang relatif pendek sementara bebannya cukup berat, Kemenpora memang butuh kepemimpinan yang visioner seperti dimiliki Ace.

“Sudah waktunya Kemenpora dipimpin oleh seorang muda yang punya visi kuat bagi memajukan kepemudaan dan keolahragaan ditengah waktu yang relatif pendek dengan beban cukup berat,” tegasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya