70 Tahun Hubungan RI-AS, Kota Bandung Bakal Ikut Pameran di Houston

Pemkot bakal pamerkan produk unggulan khas Bandung

Bandung, IDN Times - Hubungan diplomatik antara Pemerintah Indonesia (RI) dengan Amerika Serikat (AS) telah berusia 70 tahun. Dalam merayakan hubungan diplomatik bilateral ini, Pemerintah Kota Bandung diajak untuk mengikuti pameran yang berlangsung di Kota Houston pada Juli 2019, mendatang.

Rencananya, Pemerintah Kota Bandung akan memamerkan sejumlah produk unggulannya dalam kegiatan tersebut. 

1. Terima kunjungan Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Houston

70 Tahun Hubungan RI-AS, Kota Bandung Bakal Ikut Pameran di HoustonIDN Times/Humas Bandung

Keterlibatan Pemerintah Kota Bandung dalam kegiatan pameran dalam rangka memperingati hubungan diplomatik bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat ini terungkap setelah Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Houston, Nana Yuliana bertemu dengan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Jalan Wastukancana, Rabu (20/2/2019).

Nana mengungkapkan, Kota Bandung terlibat langsung dalam peringatan tersebut karena Kota Bandung telah menjalin kerjasama dengan kota Fort Worth, AS dalam bentuk sister city sejak tahun 1992. 

Nana mengajak Pemerintah Kota Bandung untuk mengikuti beberapa agenda yang akan dilaksanakan di Kota Houston. Di antaranya Indonesian Fashion show dan Indonesian Festival yang memamerkan produk lokal Indonesia. 

"Saya harap Bandung akan mengikuti momen tersebut. Sehingga bisa unjuk gigi keunggulan sisi pariwisata maupun fesyen," ujarnya.

2. Banyak kerja sama antara Bandung dengan Houston

70 Tahun Hubungan RI-AS, Kota Bandung Bakal Ikut Pameran di HoustonIDN Times/Yogi Pasha

Nina mengungkapkan, sampai tahun 2018, Kota Bandung dan Houston telah menjalin sejumlah kerja sama. Di antaranya, program student exchange (10-15 siswa) antara SMA 5 dan Arlington High School, pelatihan kepemimpinan Internasional Leadership Academy dan kunjungan Disdik Kota Bandung bersama Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) serta Kepala Sekolah SMA Angkasa pada Mei 2018 untuk menggali kurikulum terkait pembentukan karakter.

"Kami harap Sister City bisa lebih ditingkatkan, sehingga ke depannya bisa ambil manfaat kerjasama ekonomi pendidikan dan sosial budaya," tuturnya. 

3. Pemkot Bandung antusias ajakan Houston

70 Tahun Hubungan RI-AS, Kota Bandung Bakal Ikut Pameran di HoustonIDN Times/Info Bandung

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan, siap mengikuti agenda yang akan diselenggarakan dalam acara tersebut. Salah satunya menyiapkan SDM yang memadai untuk pertukaran pelajar. Termasuk juga menyiapkan produk unggulan seperti Little Bandung

"Pertukaran pelajar ini pertemuan penting bagi Kota Bandung. Mereka bisa menggali ilmu di tempat yang berbeda untuk meningkatkan pendidikan," ujarnya. 

Yana yakin perlehatan seperti pameran - pamaran, Kota Bandung siap untuk menjajakannya. "Termasuk peluang even yang dilaksanakan beberapa kota juga bisa ikut partisipasi. Sehingga kita terus menjalin kerja sama," harapnya. 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya