2018, Pemkot Bandung Berhasil Perbaiki 3.228 Rutilahu

2.500 rumah juga jadi target selanjutnya

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung berhasil merenovasi sebanyak 3.228 rumah tidak layak huni (rutilahu) selama 2018, lalu. Perbaikan ribuan rumah warga miskin itu dilakukan dengan menggunakan bantuan anggaran dari APBD Kota Bandung, Bantuan Provinsi Jabar, dan Kementerian PUPR. 

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan tahun lalu pemerintah telah melakukan perbaikan rutilahu terhadap 3.228 rumah dari target awal 2.500 rumah. Tahun ini ia menargetkan jumlah yang sama. 

"Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih dari target seperti tahun kemarin," ujar Oded usai menghadiri acara peresmian penerima program rutilahu di wilayah Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Selasa (22/1/2019). 

1. 2.500 rutilahu jadi target tahun ini

2018, Pemkot Bandung Berhasil Perbaiki 3.228 RutilahuIDN Times/Yogi Pasha

Pemkot Bandung kembali menargetkan untuk melakukan perbaikan terhadap 2.500 rutilahu milik warga miskin.

Menurut Oded, biaya perbaikan tiap rumah warga akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp15 juta. 

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Dadang Darmawan optimistis permasalahan rutilahu bisa selesai selama kepemimpinan Oded.

"Satu tahun kita targetkan 2.500 rutilahu, dan itu bisa lebih seperti yang terjadi pada 2018, lalu. Jadi selama lima tahun jumlah 12.500 itu bisa kita intervensi melalui program ini," ujarnya. 

2. Masih ada 12.500 rutilahu yang butuh bantuan

2018, Pemkot Bandung Berhasil Perbaiki 3.228 RutilahuIDN Times/Humas Bandung

Oded menjelaskan hingga kini tercatat ada sekitar 12.500 rutilahu yang memerlukan perbaikan. Jumlah rutilahu yang memerlukan bantuan itu tersebar hampir di setiap kecamatan. 

"Tapi paling banyak rutilahu berada di Babakan Ciparay," kata Oded. 

3. Tidak semua warga miskin dapat bantuan

2018, Pemkot Bandung Berhasil Perbaiki 3.228 RutilahuIDN Times/Humas Bandung

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Dadang Darmawan mengatakan, program rutilahu akan terus dilanjutkan hingga kepemimpinan Oded M Danial lima tahun mendatang.

Dia berharap, 12.500 rutilahu yang belum tersentuh bantuan bisa terealisasi di tahun ini. Namun, kata dia, tidak semua warga miskin bisa mendapat program rutilahu.

Menurut Dadang, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhui warga penerima bantuan rutilahu diantaranya calon penerima bantuan harus warga asli Kota Bandung dan kedua rumah berada di tanah hak milik.

"Lalu setelahnya ada tim teknis dan survei yang akan melihat langsung kondisi rumah," ujar dia. 

4. Warga senang ada bantuan rutilahu

2018, Pemkot Bandung Berhasil Perbaiki 3.228 RutilahuIDN Times/Yogi Pasha

Salah satu warga penerima bantuan program rutilahu Sonya Sesilia  mengaku senang karena rumahnya sudah nyaman ditempati. Sebelumnya rumah yang berada di Gang Madhapi, RT 04/08, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cibeunying Kaler itu rusak pada bagian atapnya. 

Bahkan di saat hujan, air pun masuk ke dalam rumah akibat bocor. 

"Reugreug ayeuna mah (Tenang kalau sekarang). Ditambah sekarang punya dapur sedikit," kata ibu tiga anak ini. 

Sonya mengatakan rumahnya diperbaiki pada November 2018 lalu dan selesai selama 10 hari. Selama perbaikan ia dan anaknya tinggal di rumah tetanga.

"Nuhun Pak Wali, nuhun oge ka Pak Ketua DKM nu tos ngabantos ti awal sampai ka selesai," ujarnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya