Comscore Tracker

200 Siswa Positif COVID-19, Oded: Warga di Kawasan Secapa Bakal di Tes

Oded sudah perintahkan dinkes untuk lakukan contact tracing

Bandung, IDN Times - Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Jalan Hegarmanah, Kota Bandung disebut sebagai klaster baru dalam penyebaran virus corona atau COVID-19.

Sekitar 200 siswa Secapa AD telah dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 berdasarkan hasil rapid tes dan swab. Kemunculan klaster baru penyebaran virus corona ini terjadi di tengah Kota Bandung tengah menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19 Kota Bandung, Oded M Danial mengaku sudah mengetahui peristiwa penyebaran kasus COVID-19 di salah satu sekolah milik instansi pemerintah tersebut.

Dia menyebutkan, dinas kesehatan telah melaporkan adanya kasus penyebaran COVID-19 yang terjadi terhadap sejumlah siswa Secapa AD. Kendati demikian, Oded telah memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung untuk melakukan contact tracing di kawasan Secapa AD.

1. Pemkot Bandung akan lakukan rapid tes kepada warga di kawasan Secapa AD

200 Siswa Positif COVID-19, Oded: Warga di Kawasan Secapa Bakal di TesIDN Times/Yogi Pasha

Oded mengungkapkan, untuk mencegah penyebaran lebih luas, Pemkot Bandung sedang mempersiapkan pelaksanaan rapid test kepada warga yang tinggal di kawasan Secapa AD.

"Informasi yang saya dapat dari bu Kadis (Dinkes) di Secapa (tes) mandiri dan internal. Saya meminta kepada gugus tugas Kota Bandung meminta sudah mulai di rapid, diperiksa masyarakat sekitar," ujar Oded, saat ditemui di Jalan Ambon, Kota Bandung, Selasa (8/7/2020).

2. Rapid test untuk mengetahui warga yang terpapar COVID-19

200 Siswa Positif COVID-19, Oded: Warga di Kawasan Secapa Bakal di TesIlustrasi petugas medis melakukan tes cepat (Rapid Test) COVID-19. (IDN Times/Herka Yanis)

Menurut Oded, rapid test atau contact tracing dilakukan untuk mengetahui dan memastikan apakah terdapat masyarakat yang terpapar COVID-19 atau tidak. Ia mengaku belum memperoleh informasi detail terkait temuan siswa Secapa AD yang terpapar diketahui sejak kapan.

Oded pun mengaku belum memastikan apakah akan membatasi aktivitas masyarakat di sekitar Secapa AD Bandung. Ia mengaku akan fokus melakukan rapid test terlebih dahulu kepada masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

"Sekarang minta kepada gugus tugas harian yang terpenting pemeriksaan kepada mereka," katanya.

3. Pemkot berharap kasus COVID-19 tidak menyebar di Kota Bandung

200 Siswa Positif COVID-19, Oded: Warga di Kawasan Secapa Bakal di Tes(Tangkap layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia berharap, kasus positif yang terjadi di Secapa AD tidak menyebar ke masyarakat di sekitar area kawasan Secapa AD Bandung.

"Saya lihat di Sukabumi contohnya, karena itu internal mudah-mudahan tidak termasuk (masyarakat ikut terpapar). Kita gak tahu (siswa) ada interaksi (saat) kita sedang PSBB," ucapnya.

Baca Juga: Jadi Klaster Baru, 200 Siswa Secapa AD di Bandung Positif COVID-19

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya