Usai Kondangan, Asisten Rumah Dinas Wawalkot Cirebon Terpapar COVID-19

Seluruh pegawai rumdin dites usap

Cirebon, IDN Times - Dua asisten rumah tangga (ART) yang bekerja di rumah dinas Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati terkonfirmasi positif COVID-19. Kondisi tersebut membuat Wakil Wali Kota Cirebon kaget dan tak menyangka virus corona sudah tembus ke rumah dinasnya yang berlokasi di Jalan Sudirman, Penggung, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Eti mengatakan, satu dari dua ART terpapar COVID-19 mengalami gejala klinis. Sementara seorang lainnya tidak mengalami gejala kesehatan menurun. Keduanya diketahui positif COVID-19, setelah salah satu dari mereka mengalami keluhan sakit, baru kemudian menjalani tes usap.

1. Satu di antaranya alami gejala klinis

Usai Kondangan, Asisten Rumah Dinas Wawalkot Cirebon Terpapar COVID-19Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Menurut Eti, salah seorang asistennya kemungkinan terpapar dari luar Kota Cirebon. Sebab, beberapa hari sebelum mengalami keluhan batuk dan pilek, yang bersangkutan pergi untuk menghadiri acara hajatan di luar daerah. Sekembalinya ke rumah dinas, dia menjalani aktivitas dan tidur bersama seorang ART lain.

"Sebelumnya pernah kondangan ke luar Kota Cirebon. Selang berapa hari sakit batuk dan pilek. Kemudian dites hasilnya positif. Keduanya memang tidur sekamar, jadi otomatis terpapar," ujar Eti saat dikonfirmasi, Rabu (7/10/2020).

2. Menjalani isolasi di hotel yang disediakan

Usai Kondangan, Asisten Rumah Dinas Wawalkot Cirebon Terpapar COVID-19Sukma Shakti

Kedua asisten rumah tangga tersebut kemudian langsung menjalani isolasi di kamar Hotel Langensari yang disediakan Pemkot Cirebon untuk merawat pasien COVID-19. Atas kejadian itu, Eti meminta seluruh pegawai dan anggota keluarganya untuk menjalani tes usap untuk memastikan terpapar tidaknya dari virus.

"Hasil tes swan seluruh pegawai yang ada di rumah dinas dan ajudannya alhamdulillah negatif semua. Semoga tidak ada yang terpapar lagi. Kami juga memperketat protokol di rumah dinas," ujarnya.

3. Tertib membersihkan diri

Usai Kondangan, Asisten Rumah Dinas Wawalkot Cirebon Terpapar COVID-19Ilustrasi cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. IDN Times/Wira Sanjiwani

Upaya pencegahan selanjutnya, Eti meminta kepada siapa pun termasuk pegawai yang berada di lingkungan rumah dinas serta di kantor Balai Kota Cirebon untuk tertib membersihkan diri. Hal itu bisa dilakukan apabila sepulang dari aktivitas kerja di luar harus segera mandi dan langsung menaruh baju bekas pakai ke mesin cuci.

"Setelah berkerumun segera membersihkan diri, mandi dan ganti baju. Ini penting, selain pakai masker dan sarung tangan," kata Eti.

4. Virus corona bisa menyasar siapa saja

Usai Kondangan, Asisten Rumah Dinas Wawalkot Cirebon Terpapar COVID-19Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Eti menyampaikan, pelajaran dari kejadian yang menimpa dua asistennya itu adalah bahwa COVID-19 bisa menjangkit kepada siapa pun. Meskipun sudah dilakukan antisipasi dengan protokol kesehatan yang ketat, virus corona bisa saja masuk ke rumah. Oleh sebab itu, ia meminta masyarakat lebih berhati-hati dan tidak melanggar himbauan pemerintah.

"Kami sudah menerapkan protokol kesehatan ketat, tapi tetap bisa terjangkit. Ini bukti kalau kedisiplinan harus diterapkan dalam kebiasaan sehari-hari," tutup Eti.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya