TNI AL Cirebon Beri Edukasi Teknik Menyelam untuk Ratusan Milennial

Millennial wajib punya wawasan kemaritiman

Cirebon, IDN Times - Pangkalan Angkatan Laut (AL) Cirebon berbagi kemampuan selam dasar kepada 176 siswa Pramuka dari wilayah Cirebon dan sekitarnya, yang rata-rata merupakan generasi millennial. Mereka dibekali pemahaman alat selam hingga teknik penyelaman dasar di kolam renang Catherine Surya, Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (14/12).

1. Millenial diedukasi sea survival dan SAR

TNI AL Cirebon Beri Edukasi Teknik Menyelam untuk Ratusan MilennialIDN Times/Wildan Ibnu

Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan, para pelajar yang merupakan generasi millennial ini perlu dibekali ilmu Search and Rescue (SAR) dan sea survival untuk ketahanan diri dan pembelaan terhadap Tanah Air. Menurutnya, kegiatan ini sebagai gerakan cinta bahari kepada para pelajar Kabupaten, Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu.

"Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembekalan pertahanan negara melalui Perkemahan Bakti Genta Bahari tahun 2019. Diharapkan, beberapa dari mereka tertarik untuk membaktikan diri bergabung menjadi anggota TNI Pangkalan Angkatan Laut Cirebon," ujarnya, Sabtu (14/12).

2. Millennial perlu diberi wawasan kemaritiman

TNI AL Cirebon Beri Edukasi Teknik Menyelam untuk Ratusan MilennialIDN Times/Wildan Ibnu

Selain teknik selam dasar, pelajar pun diberikan wawasan kemaritiman oleh Kesbangpol melalui video dokumentasi dari TNI AL. Untuk keesokan harinya, 176 pelajar ini akan dilibatkan kegiatan bersih-bersih di Pantai Kejawanan.

Pelatihan selam dasar kepada 176 kepada pelajar itu sebagai implementasi UU No. 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional sebagai Pertahanan Negara. Di mana TNI AL berkewajiban untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan.

"Cirebon sebagai daerah maritim, perlu kiranya generasi pemuda mencintai dunia kemaritiman. Khususnya punya keterampilan menyelam dasar," terangnya.

3. Pelajar antusias belajar teknik senam dasar

TNI AL Cirebon Beri Edukasi Teknik Menyelam untuk Ratusan MilennialIDN Times/Wildan Ibnu

Salah satu peserta dari SMK Negeri 1 Jamblang, Khoirul Insani, mengaku puas mendapat bekal ilmu dengan mengenal dan mencoba alat-alat selam milik TNI AL Cirebon. Selain itu, dia juga diajari teknik dasar menyelam dari anggota TNI angkatan laut langsung.

“Momentum ini baru pertama kali. Kalau renang saya bisa, tetapi kalau menyelam belum pernah sama sekali. Ini moment berharga," kata dia.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya