Tiga Gudang Penyimpanan Popok Bayi di Kota Cirebon Terbakar

Lima unit motor turut menjadi korban amukan si jago merah

Cirebon, IDN Times -  Gudang penyimpanan popok bayi di Kota Cirebon terbakar, Rabu (15/1) dini hari. Gudang berisi material mudah terbakar itu membuat api cepat membesar, sehingga dua gudang lain yang ada di samping berserta lima unit sepeda motor pun habis dilalap si jago merah.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran tiga gudang popok bayi merek terkenal di Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon itu. Namun, dugaan sementara titik api berasal dari adanya korsleting hubungan arus pendek listrik di dalam gudang.

1. Api membakar 3 gudang dan 5 unit sepeda motor

Tiga Gudang Penyimpanan Popok Bayi di Kota Cirebon TerbakarPetugas Damkar berjuang memadamkan api yang membakar gudang pampers. Istimewa

Pemadaman kobaran hebat api yang melumat habis tiga gudang berisi ribuan dus tumpukan popok bayi ini, petugas pemadam kebakaran dibuat kewalahan. Selain karena banyaknya material mudah terbakar di dalam gudang, hembusan angin kencang membuat api kembali cepat membesar. Lima unit sepeda motor yang sedang terparkir di depan gudang pun turut menjadi amukan api.

"Banyaknya material yang mudah terbakar dan kencangnya hembusan angin membuat api cepat membara dan merusak bangunan gudang. Proses pemadaman berlangsung alot," ujar Kasi Tanggap Darurat Disdamkar Kota Cirebon, Nurjaman, Rabu (15/1).

2. Menerjunkan 10 unit mobil pemadam kebakaran

Tiga Gudang Penyimpanan Popok Bayi di Kota Cirebon TerbakarPetugas Damkar berjuang memadamkan api yang membakar gudang pampers di Kota Cirebon. Istimewa

Setelah menerima informasi adanya insiden bangunan terbakar, petugas Damkar Kota Cirebon mengerahkan 7 unit mobil pemadam untuk melumpuhkan amukan api. Selain itu, 3 unit mobil pemadam kebakaran pun turut membantu proses penjinakan kobaran api yang membubung tinggi.

Nurjaman mengatakan, saat proses pemadaman, ada banyak titik api yang tersebar di tiga gudang yang terbakar. Dia menduga peristiwa kebakaran ini bermula dari adanya titik api di salah satu gudang yang berada di bagian depan.

"Kami menerjunkan 7 unit mobil pemadam. Ditambah adanya bantuan 3 unit mobil pemadam dari kabupaten. Jadi, ada 10 mobil yang dikerahkan," kata dia.

3. Titik api kemungkinan berasal dari akibat korsleting listrik

Tiga Gudang Penyimpanan Popok Bayi di Kota Cirebon TerbakarPetugas Damkar berjuang memadamkan api yang membakar gudang pampers. Istimewa

Menurutnya, dari keterangan para saksi, dalam hitungan menit api cepat membesar dan menjalar ke dua gudang lainnya. Kemungkinan kuat, titik api itu berasal dari hubungan arus pendek listrik yang mengakibatkan korsleting dan mengenai tumpukan popok di gudang.

"Kemungkinan diduga karena adanya korsleting listrik dan percikan api mengenai tumpukan popok bayi," kata Nurjaman.

4. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah

Tiga Gudang Penyimpanan Popok Bayi di Kota Cirebon TerbakarPuing-puing material terbakar di gudang pampers. Istimewa

Setelah berjibaku selama hampir empat jam, petugas akhirnya berhasil melumpuhkan si jago merah. Proses pendinginan lokasi terbakar pun dilakukan untuk memastikan tidak ada bara api yang berpotensi kembali berkobar. Kemudian, petugas pun langsung melakukan pembedahan tumpukan pampers.

Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa kebakaran hebat ini. Pasalnya, saat kebakaran terjadi, kondisi gudang dalam keadaan sepi dan tidak ada pegawai. Kendati demikian, akibat kejadian ini berdampak kerugian material yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya