Tanggal Cantik 2 Februari 2020, 14 Bayi Lahir di RSIA Cahaya Bunda

Sang buah hati direncanakan lahir pada momen 02-02-2020

Cirebon, IDN Times - Momentum tanggal cantik 2 Februari 2020 (02-02-2020) menjadi pilihan bagi para ibu hamil untuk melahirkan sang buah hati. Tanggal 2 bulan 2 di tahun 2020 dianggap spesial dan mudah diingat oleh orangtua, bila anak mereka lahir di tanggal cantik. Maka tak jarang, para ibu hamil merencanakan kelahiran sang buah hati lahir di tanggal tersebut.

Fenomena rencana melahirkan di tanggal cantik ini dilakukan pula oleh para ibu yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda Cirebon. Kendati demikian, hanya ibu hamil dengan usia kandungan matang atau mendekati hari perkiraan lahir (HPL) yang dibolehkan merencanakan kelahiran di tanggal 02-02-2020.

1. Sebanyak 14 bayi lahir direncanakan di tanggal 02-02-2020

Tanggal Cantik 2 Februari 2020, 14 Bayi Lahir di RSIA Cahaya BundaBayi-bayi lahir direncanakan menyambut tanggal cantik 02-02-20 di RSIA Cahaya Bunda. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Sedikitnya 13 orang tua dari calon bayi mendaftarkan diri di RSIA Cahaya Bunda untuk merencanakan kelahiran buah hatinya pada tanggal 02-02-2020. Bahkan, satu di antaranya meminta kepada dokter agar membantu proses kelahiran pada pukul 02.00 WIB. Dengan harapan, bayi lahir pada pukul 02, tanggal 02, bulan 02 di tahun 2020.

Dari 13 ibu hamil yang melakukan persalinan di RSIA Cahaya Bunda, 14 bayi lucu lahir di tanggal cantik 02-02-2020. Sebab, salah satu ibu melahirkan bayi kembar dua. Keempat belas bayi itu lahir dengan cara bedah sesar.

2. Permintaan kelahiran direncanakan di tanggal cantik sudah meningkat sejak dua bulan terakhir

Tanggal Cantik 2 Februari 2020, 14 Bayi Lahir di RSIA Cahaya BundaKamar persalinan disiapkan jauh-jauh hari untuk mengingat permintaan melahirkan di tanggal cantik cukup banyak di RSIA Cahaya Bunda. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi (kebidanan dan kandungan), dr. Yasmin Dermawan mengatakan, permintaan pasien ibu hamil yang menginginkan kelahiran di tanggal cantik 02-02-2020 ini meningkat sejak dua bulan terakhir. Para ibu hamil sudah menghitung perencanaan sendiri agar bisa melahirkan di tanggal tersebut.

Menurutnya, apabila usia kehamilan pasien sudah memasuki usia matang berdasarkan perhitungan medis antara 37 hingga 40 minggu, pihak rumah sakit menyetujui permintaan kelahiran secara sesar. Tiga belas pasien yang menjalani operasi sesar di RSIA Cahaya Bunda di tanggal 02-02-2020 ini semuanya berjalan lancar tanpa ada hambatan apa pun.

"Mulai proses persalinan dimulai jam dua dini hari, karena ada permintaan melahirkan jam 2. Pasien yang menjalani operasi sesar terencanakan hari ini ada 13 orang, dengan bayi 14. Karena ada yang kembar," ujarnya kepada IDN Times, Minggu (02/02).

3. Menyiapkan pelayanan persalinan di tanggal cantik jauh-jauh hari

Tanggal Cantik 2 Februari 2020, 14 Bayi Lahir di RSIA Cahaya BundaDokter spesialis obstetri dan ginekologi (kebidanan dan kandungan), dr. Yasmin Dermawan Sp.OG. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Tingginya permintaan melahirkan direncanakan pada tanggal 02-02-2020 ini membuat pihak RSIA Cahaya Bunda mempersiapkan proses persalinan jauh-jauh hari. Sebab, pihak rumah sakit harus menyiapkan peralatan medis, ruangan operasi, hingga kesiapan dokter yang membantu ibu melahirkan.

Yasmin mengatakan, satu minggu dari tanggal cantik 02-02-2020, dokter rumah sakit memastikan kondisi fisik pasien dengan melihat perkembangan gizi para ibu hamil serta kesiapan mental mereka. Begitu juga dengan sirkulasi pelayanan persalinan, karena harus betul-betul diperhitungkan pula estimasi waktu proses melahirkan.

"Satu orang pasien melahirkan dengan cara sesar ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Untuk itu, dipastikan sirkulasi pelayanannya agar pasien tertangani dengan baik. Memang kami sudah menyiapkan pelayanan untuk kelahiran tanggal cantik jauh-jauh hari," ujarnya.

4. Merencanakan kelahiran buah hati di jam 02.00 WIB, 02-02-2020

Tanggal Cantik 2 Februari 2020, 14 Bayi Lahir di RSIA Cahaya BundaRSIA Cahaya Bunda Kota Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Pengalaman kelahiran sang buah hati di tanggal cantik ini dirasakan oleh pasangan suami istri Maulana Saeful Ikhsan (31) dan Elise (30). Mereka tengah berbahagia, karena baru saja menyambut kelahiran anaknya yang ketiga. Mereka mengaku sudah menyiapkan kelahiran calon bayi dua bulan sebelumnya.

Bahkan, dia meminta dan berkonsultasi kepada dr. Yasmin Dermawan mengenai rencana kelahiran putranya itu pada pukul 02.00 WIB. Menurutnya, rencana kelahiran di jam 2, tanggal 02, bulan 02 di tahun 2020 ini momen yang spesial dan mudah diingat.

"Sebenarnya pengin kayak bikin suatu memorable gitu sih, kelahiran jamnya sama, tanggal sama, bulan sama, juga tahunnya sama. Biar lebih gampang diingat gitu," ujar Saeful.

Menurutnya, kelahiran putranya itu karena bertepatan dengan waktu HPL, yaitu memasuki 37 minggu usia kandungan. Karena usia kandungan sudah matang dan bisa dilahirkan di tanggal cantik ini, maka dia meminta kepada dokter untuk membantu proses melahirkan di pukul 02.00 WIB dini hari.

"Karena sudah mendekati HPL yah. Kami tidak memaksakan untuk  dimajukan tanggalnya atau sebelum HPL. Karena kebetulan pas, dan sudah waktunya lahiran, jadi kami pengin waktu lahir di jam tanggal dan bulan yang sama," tutupnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya