Perdana di Jawa Barat, 563 Atlet Bertanding di Liga Panahan

Sebanyak 25 kota/kabupaten ambil bagian

Cirebon, IDN Times - Kota Cirebon menjadi daerah pertama penyelenggaraan Liga Panahan di Jawa Barat. Sebanyak 563 atlet dari 25 daerah ambil bagian dalam kompetensi yang bertajuk 1st West Java Archery League Series tersebut.

Pertandingan akan berlangsung di Stadion Bima pada tanggal 22 hingga 27 Agustus. Kompetisi ini resmi dibuka Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati, Senin (23/8/2022).

Saat memberikan sambutan, ia bangga karena Kota Cirebon resmi menyelenggarakan liga panahan perdana di Jawa Barat.

1. Diharapkan beri prestasi terbaik

Perdana di Jawa Barat, 563 Atlet Bertanding di Liga PanahanWakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati secara simbolis memanah papan face target untuk meresmikan 1st West Java Archery League Series. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Menurutnya, ajang ini merupakan pembuktian Kota Cirebon untuk menjadi rumah bagi para pemanah terbaik. Pemerintah berharap, melalui turnamen ini muncul atlet-atlet muda panahan yang mampu memberikan prestasi kepada daerah, baik di level nasional maupun internasional.

"Hari ini, Liga Panahan tahun 2022 resmi diselenggarakan pedana di Kota Cirebon. Saya berharap akan lahir para pemanah keren dan juara di Cirebon untuk Jawa Barat dan juga tentu untuk Indonesia," ujar Eti memberikan sambutan. 

2. Mengasah atlet muda panahan

Perdana di Jawa Barat, 563 Atlet Bertanding di Liga PanahanTurnamen 1st West Java Archery League Series resmi dibuka di Kota Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Ketua Pemprov Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jawa Barat, Kuat Erlangga Surya juga menyampaikan dukungan Kota Cirebon sebagai tuan rumah Liga Panahan pertama di Jawa Barat.

Kompetisi ini menurutnya bertujuan untuk mengasah serta memetakan kemampuan atlet-atlet panahan dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Setelah kemampuan terlatih dengan baik, para pemanah ini bisa diberikan kesempatan untuk mewakili Jawa Barat pada level kompetisi yang lebih tinggi. Baik di tingkat nasional maupun mewakili negara di ajang internasional.

“Atlet yang berprestasi dan punya peringkat bagus pada liga ini, bisa mewakili Jawa barat di kompetisi tingkat nasional. Kami, Perpani Jabar tentu fair memilih atlet untuk dikirim ke kompetisi yang lebih tinggi,” ujar Kuat.

3. Turnamen akan dibuat berkala

Perdana di Jawa Barat, 563 Atlet Bertanding di Liga PanahanLatihan timnas panahan. (Antarafoto)

Pengprov Perpani Jawa Barat juga berencana turnamen West Java Archery League Series ini akan dihelat secara berkala di Jawa Barat. Untuk tuan rumah penyelenggara akan ditunjuk secara bergantian setiap tahunnya.

Rencananya, turnamen ini akan dilaksanakan tiga kali dalam setahun. Penunjukan tuan rumah secara bergantian dilihat dari kesiapan penyelenggaraan dan prasarananya.

"Kota Cirebon ditunjuk untuk menjadi tuan rumah liga pertama kalinya ini, karena dirasa paling siap untuk sarana prasarananya. Rencananya event ini akan dilaksanakan berkala. Rencananya tiga kali setahun," terang Kuat. 

4. Optimistis raih hasil maksimal

Perdana di Jawa Barat, 563 Atlet Bertanding di Liga PanahanIDN Times/Indah Permata Sari

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Perpani Kota Cirebon dr Tresnawaty menuturkan, Kota Cirebon mengirim 52 atlet di semua jenjang usia pada turnamen ini.

Mulai dari kelas U-12, U-14 dan kelas umum. Ia optimistis jika tim Kota Cirebon akan meraih hasil maksimal pada 1st West Java Archery League Series ini.

Tresna menjelaskan, para atlet di setiap nomor pertandingan harus melewati babak kualifikasi terlebih dahulu. Selanjutnya 16 peserta yang dinyatakan lolos kualifikasi akan melaju ke babak selanjutnya dengan sistem gugur untuk meraih peringkat terbaik.

“Jika melihat persaingan, sebetulnya sistem liga ini lebih menantang. Biasanya kompetisi panahan tingkat Jabar hanya diikuti 230 atlet, sekarang diikuti 563 atlet. Tapi, kami optimis dapat memberikan yang terbaik untuk Kota Cirebon,” ujar Tresna.

Baca Juga: 10 Potret Nabila Ishma Kekasih Eril Ternyata Atlet Panahan dan Aktivis

Baca Juga: 9 Potret Lolly, Anak Nikita Mirzani, Borong Medali Kejuaraan Panahan

Baca Juga: Sunnah Rasul, Ini 5 Manfaat Belajar Panahan untuk Si Buah Hati

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya