Partai Demokrat Kota Cirebon Buka Bacaleg, Ini Kriterianya

Harus gandeng 500 calon kader baru

Cirebon, IDN Times - Memasuki masa tahapan pemilihan umum, DPC Partai Demokrat Kota Cirebon membuka pendaftaran bakal calon legislatif (caleg). Pembukaan pendaftaran caleg itu terbuka luas bagi masyarakat umum.

DPC Partai Demokrat Kota Cirebon juga sudah memasang spanduk pengumuman yang tersebar di sejumlah titik di Kota Cirebon. Sosialisasi pendaftaran caleg tersebut dimulai sejak, Kamis (18/8/2022).

Hal itu dibenarkan Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Barat Handarujati Kalamullah dan Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron.

1. Kriteria bacaleg Partai Demokrat

Partai Demokrat Kota Cirebon Buka Bacaleg, Ini KriterianyaKepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron bersama Sekretaris DPD Demokrat Jawa Barat, Handarujati Kalamullah.

Sekretaris DPD Demokrat Jawa Barat, Handarujati Kalamullah mengatakan, penjaringan bakal caleg pemilu 2024 akan dilaksanakan pekan depan. Pendaftaran akan dibuka per 20 Agustus hingga 2 September 2022.

Dia menegaskan, ada kriteria khusus bagi bakal caleg partai yang akan direkrut partai berlambang mercy itu. Hanya saja, pria yang akrab disapa Andru itu mengisyaratkan bakal caleg harus punya integritas tinggi dan harus menjadi kader potensial.

"Untuk tahap awal adalah menjaring masyarakat umum yang punya integritas yang tinggi dan menjadikan kader-kader potensial. Kami juga sudah menyosialisasikan pembukaan pendaftaran bacaleg sejak beberapa waktu lalu. Ini terbuka untuk umum," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (20/8/2022).

2. Harus punya KTA Partai Demokrat

Partai Demokrat Kota Cirebon Buka Bacaleg, Ini KriterianyaIlustrasi logo Partai Demokrat (Dok. Partai Demokrat)

Andru mengatakan, Partai Demokrat terbuka bagi masyarakat umum. Menurutnya, bagi siapa pun yang memiliki hasrat bergerak di dunia politik, khususnya pada pencalegan pemilu 2024 melalui Demokrat, bisa segera bergabung.

Proses pencalegan melalui partai yang dinakhodai Agus Harimurti Yudhoyono ini mengharuskan bacaleg memiliki KTA. Karena itu, bagi bacaleg terlebih dulu mengantongi kartu tanda anggota Partai Demokrat. Setelah itu, harus bisa membawa 500 calon kader yang bersedia dibuatkan KTA.

"Untuk bacaleg yang belum punya KTA harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Setelah itu bacaleg harus mampu membawa 500 calon KTA baru. Persyaratan tersebut sebagai bahan keseriusan sebagai kader partai demokrat," katanya.

3. Punya loyalitas dan dedikasi

Partai Demokrat Kota Cirebon Buka Bacaleg, Ini KriterianyaKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berpidato di acara HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Andru menambahkan, kriteria lain bagi calon kader Partai Demokrat pun harus memiliki dedikasi, loyalitas, prestasi dan tidak tercela. Hal itu dimaksudkan agar calon kader Demokrat benar-benar memiliki kesungguhan dan loyalitas berpolitik di partai.

"Kriteria tersebut menjadi dasar, penting, dan dipastikan terbuka bagi masyarakat umum yang belum memiliki kartu tanda anggota (KTA) Partai Demokrat," katanya.

4. Biaya pendaftarannya gratis

Partai Demokrat Kota Cirebon Buka Bacaleg, Ini KriterianyaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, membenarkan bahwa pendaftaran caleg tersebut terbuka untuk umum.

Artinya, bukan hanya para kader partai, namun masyarakat umum juga berkesempatan mendaftarkan diri sebagai caleg dari Partai Demokrat.

"Bukan saja kader, masyarakat umum juga boleh daftar jadi caleg dari Demokrat. Tentunya tidak ada biaya dalam pendaftaran caleg ini," ujarnya.

Baca Juga: Siapa Debby Kurniawan, Politisi Partai Demokrat?

Baca Juga: Kena DBD, AHY Rayakan Ulang Tahun ke-44 di Rumah Sakit

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya