Kendaraan Pemudik Nataru Meningkat, Pantura Mulai One Way

Sejumlah titik di jalur pantura sempat macet

Cirebon, IDN Times - Kendaraan pemudik libur Natal dan Tahun Baru 2020 mulai memadati ruas Tol Cipali, tepatnya di gerbang Tol Palimanan. Arus kendaraan dari Jakarta menuju arah Jawa Tengah mulai meningkat, per Sabtu (21/12). Kondisi ini membuat petugas memberlakukan sistem satu arah alias one way untuk memperlancar arus kendaraan pemudik ke kampung halaman.

1. Sistem satu arah diterapkan dari Tol Cikarang Utama hingga Cipali

Kendaraan Pemudik Nataru Meningkat, Pantura Mulai One WayIDN Times/Wildan Ibnu

Dari informasi yang dihimpun, sistem satu arah diberlakukan dari Tol Cikarang Utama, Bekasi. Iring-iringan kendaraan tak terputus di dua jalur Tol Cipali didominasi kendaraan roda empat pribadi dan bus. Kendaraan bergerak merayap saat mendekati gerbang pembayaran tol.

Lonjakan arus kendaraan terus terjadi sepanjang Sabtu malam. Petugas pun terpantau siaga di gerbang Tol Palimanan guna mengarahkan kendaraan untuk megggunakan loket yang kosong atau antreannya yang pendek.

2. Mempercepat transaksi tol, 16 loket utama dan 7 loket satelit dibuka

Kendaraan Pemudik Nataru Meningkat, Pantura Mulai One WayIDN Times/Wildan Ibnu

Peningkatan kendaraan ini membuat pengelola tol pun terpaksa membuka penuh 16 loket utama dan 7 loket satelit guna mempercepat transaksi. Meski demikian, kepadatan kendaraan tak mudah diurai karena derasnya arus kendaraan yang datang dari Jakarta dan Bekasi.

Pemberlakuan sistem satu arah di dalam tol ini berdampak pada pengalihan arus kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju ke Jakarta ke jalur alternatif. Kondisi ini berdampak pada kemacetan di sejumlah titik jalur Pantura.

3. Pantura macet parah, arus kendaraan dialihkan ke jalur alternatif

Kendaraan Pemudik Nataru Meningkat, Pantura Mulai One WayIDN Times/Wildan Ibnu

KBO Satlantas Polres Cirebon Kota, Ipda Joni mengatakan, imbas dari pemberlakuan sistem satu arah dalam tol berdampak pada macetnya arus di berbagai titik di jalur Pantura (Pantai Utara). Petugas Satlantas Polres Cirebon Kota pun mengalihkan arus kendaraan dari Jawa Tengah menuju Jakarta untuk menggunakan jalur alternatif Cirebon - Karangampel - Indramayu.

"Pemberlakuan pengalihan arus dilakukan selama hampir dua jam untuk memecah konsentrasi kendaraan yang menumpuk di sepanjang Jalur Pantura Kedawung hingga Palimanan," ujarnya, Sabtu (21/12).

4. Sejumlah titik di jalur pantura macet

Kendaraan Pemudik Nataru Meningkat, Pantura Mulai One WayIDN Times/Wildan Ibnu

Menurutnya, pengalihan arus dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di sepanjang Jalur Pantura Kedawung hingga Pantura Palimanan, Kabupaten Cirebon. Kepadatan kendaraan di jalur Pantura ini dampak dari pemberlakuan sistem satu arah.

"Karena sistem one way diberlakukan di jalur tol membuat beberapa titik jalur Pantura mengalami kemacetan yang cukup panjang. Titik macet terparah terjadi di Palimanan, Plered, Tengahtani dan Kedawung," kata dia.

Sampai kemarin malam, petugas masih memberlakukan pengalihan arus dan mengalihkan perjalanan kendaraan besar seperti truk dan bus. Petugas akan melakukan pengalihan arus secara berkala selama proses pemberlakuan sistem satu arah berlangsung di Tol Cipali.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya