Keluhan Said, Pemuda Cirebon yang Dituduh sebagai Hacker Bjorka

Berharap ada perlindungan kepolisian

Cirebon, IDN Times - Remaja Cirebon, Jawa Barat, M. Said Fikriansyah (17 tahun) mengaku kaget betul ketika ia dituduh sebagai peretas atau hacker Bjorka. Didatangi jurnalis di kediamannya di gang sempit Desa Klayan, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Said merasa gugup saat dikonfirmasi kegiatan meretas data pribadi pejabat tinggi negara dan data kependudukan.

Dia mengaku kaget saat namanya disebut oleh akun instagram @volt_anonym sebagai hacker yang saat ini sedang menjadi sorotan publik. Apalagi ia mendapat banyak pesan Instagram soal identitas hacker Bjorka.

"Duh kaget banget, rasa takut juga ada. Tiba-tiba ada informasi tersebut. Saya gak ngapa-ngapain," katanya kepada awak media, Kamis (15/9/2022).

1. Membantah keras sebagai hacker

Keluhan Said, Pemuda Cirebon yang Dituduh sebagai Hacker BjorkaPemuda asal Cirebon, M Said Fikriansyah (kanan) mengeluh atas tuduhan sebagai hacker Bjorka. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Said mengaku kaget atas tuduhan tidak bertanggung jawab itu, seraya membantah keras tuduhan tersebut. Ia menerima informasi tuduhan tersebut sejak Selasa (13/9/2022) pagi, ketika Said baru bangun dari tidurnya. 

"Intinya, yang nuduh saya Bjorka, saya mau bilang itu bukan saya. Aktivitas saya hanya ngedit, bukan hacker-hacker-an. Dan saya gak pernah tuh bisa nge-hack," ujarnya.

2. Said tidak punya keterampilan meretas

Keluhan Said, Pemuda Cirebon yang Dituduh sebagai Hacker Bjorkailustrasi Bjorka/ istimewa

Said mengaku hanya mengenyam pendidikan kejar paket C. Karena itu, dia meyakinkan bahwa ia tidak punya keterampilan meretas atau ahli teknologi informasi.

Sebelum menempuh pendidikan kejar Paket C atau setara SMA, Said sempat bersekolah di SMK Wahidin. Namun demikian, putus di tengah jalan. Aktivitasnya hanya sebatas konten kreator. Karena itu, dia ingin memperdalam potensinya membuat animasi di rumahnya.

"Saya emosi ketika ada berita yang bilang, identitas Bjorka telah terungkap, dan itu merujuknya ke saya. Aktivitas saya ini nonton YouTube, ngedit-ngedit, makan, ya gitu aja tiap hari," keluh Said.

3. Berharap ada perlindungan dari aparat

Keluhan Said, Pemuda Cirebon yang Dituduh sebagai Hacker Bjorkailustrasi cyberbullying (savvycyberkids.org)

Imbas namanya di-tag akun Instagram @volt_anonym, Said mendapatkan banyak direct message (DM) dari orang-orang yang tidak dikenal. Karena itu, ia sempat mengirimkan DM ke akun Instagram Polresta Cirebon.

DM itu bermaksud untuk menyampaikan keluhan atas tuduhan yang merugikan nama baiknya tersebut. Dia pun terbesit ingin meminta perlindungan kepada kepolisian atas peristiwa tuduhan sebagai seorang hacker.

"Cuma pernah curhat ke Polresta Cirebon, responsnya baik. Mungkin nanti mau cerita-cerita ke Polres, waktunya belum tahu kapan, mungkin besok atau lusa," tuturnya. 

4. Namanya dicatut oleh akun tak dikenal

Keluhan Said, Pemuda Cirebon yang Dituduh sebagai Hacker Bjorkailustrasi bullying (IDN Times/Aditya Pratama)

Bjorka sendiri tengah hangat diberitakan usai meretas data pribadi banyak pejabat. Di tengah nama misteri nama Bjorka yang tengah jadi perbincangan, akun Instagram @volt_anonym menyebutkan bahwa Bjorka memiliki nama asli M. Said Fikriansyah hingga men-tag akun Instagram Said.

Tidak diketahui bagaimana awalnya akun @volt_anonym ini menduga bahwa Said lah yang selama ini merupakan identitas di balik Bjorka. Bahkan sejumlah media turut memberitakan bahwa identitas Bjorka telah terungkap dengan merujuk kepada Said.

Baca Juga: Ditangkap karena Diduga Bjorka, Pria Ini Ternyata Jualan Es

Baca Juga: Pakar UGM Ungkap Serangan Bjorka Bermotif Hacktivism, Apa Itu?

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya