Kelelahan di Perjalanan, Posko Medis KA Daop Cirebon Rawat 29 Penumpang

Layanan pemeriksaan kesehatan gratis disediakan selama Natal

Cirebon, IDN Times - Masa angkutan Natal dan tahun baru ini, tercatat sudah 29 penumpang yang mendapat pertolongan oleh petugas kesehatan KAI Daop 3 Cirebon. Mereka mendapatkan layanan pertolongan pertama usai menjalani pemeriksaan di Posko Kesehatan di stasiun.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif mengatakan, pemberian layanan kesehatan gratis bagi penumpang KA selama masa Nataru ini dibuka sejak Rabu (25/12) kemarin. Upaya ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan serta keselamatan pengguna jasa kereta api.

"Pelayanan kesehatan gratis ini diberikan kepada para penumpang yang sedang menunggu kedatangan kereta api di ruang tunggu Stasiun Cirebon," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (26/12).

1. Penumpang KA mendapat layanan pemeriksaan kesehatan gratis

Kelelahan di Perjalanan, Posko Medis KA Daop Cirebon Rawat 29 PenumpangDok. Humas PT KAI Daop 3 Cirebon

Layanan pemeriksaan kesehatan gratis ini dilakukan dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB. Pemeriksaan kesehatan ini meliputi tekanan darah, asam urat, kadar gula darah dan pemeriksaan berat badan.

Tercatat, sudah 107 penumpang yang melakukan pemeriksaan kesehatannya di ruang tunggu kedatangan kereta stasiun. Fasilitas layanan kesehatan gratis ini dilaksanakan reguler selama masa Nataru secara bergantian, baik di Stasiun Cirebon maupun Cirebon Prujakan.

"Tujuannya untuk menjamin kondisi kesehatan penumpang. Baik yang ada di lingkungan stasiun maupun saat dalam perjalanan di atas KA. Petugas kesehatan pun disiagakan di semua titik Poskes yang ada di Stasiun," terangnya.

2. Petugas poskes disiagakan di stasiun dan di dalam kereta

Kelelahan di Perjalanan, Posko Medis KA Daop Cirebon Rawat 29 PenumpangDok. Humas PT KAI Daop 3 Cirebon

Petugas Poskes pun akan bertindak cepat bila menemui penumpang dalam kondisi sakit saat perjalanan. Penumpang yang sedang dalam keadaan sakit akan diberi pelayanan kesehatan baik di dalam kereta maupun poskes yang sudah tersedia.

"Petugas kesehatan KAI akan memantau selama dalam perjalanan KA, dengan sistem estafet dari stasiun ke stasiun yang terdapat pelayanan kesehatannya (Poskes)," terangnya.

3. Empat titik poskes tersedia di Daop 3 Cirebon

Kelelahan di Perjalanan, Posko Medis KA Daop Cirebon Rawat 29 PenumpangDok. Humas PT KAI Daop 3 Cirebon

Selama angkutan Nataru ini, Daop 3 Cirebon juga menyiagakan 4 poskes yang tersebar di sejumlah stasiun Daop 3 Cirebon. Mereka tersebar di Stasiun Jatibarang, Cirebon, Cirebon Prujakan dan Stasiun Brebes.

Selain Poskes, Daop 3 Cirebon pun menyediakan 3 Klinik Mediska yang berada di Stasiun Jatibarang, Cirebon dan Brebes. Klinik medis ini berkerjasama antara pemerintah dan swasta untuk memberikan pelayanan kesehatan di sepanjang jalur KA.

"Apabila ada penumpang KA yang mengalami sakit atau dalam kondisi gawat darurat, harus dirujuk ke Rumah Sakit," ujar Luqman.

4. Cek kesehatan sebelum berpergian dengan Kereta Api

Kelelahan di Perjalanan, Posko Medis KA Daop Cirebon Rawat 29 PenumpangDok. Humas PT KAI Daop 3 Cirebon

Dari hasil laporan petugas kesehatan KAI di Daop 3 Cirebon, 29 penumpang yang mendapatkan pertolongan pertama itu karena mengidap penyakit ISPA, hipertensi, diabetes hingga tersiram air panas saat hendak menyeduh kopi.

Ia juga mengimbau kepada penguna jasa KA untuk memastikan kembali kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Apabila kondisi kesehatan dirasa tidak cukup sehat, para penumpang dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di Poskes Stasiun.

"Kami pun sudah menyediakan fasilitas kesehatan berupa kursi roda bagi penumpang sakit, lansia atau difabel. Bagi ibu menyusui, terdapat ruang laktasi yang ada di Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang dan Brebes," tutupnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya