Jalur Pantura Banjir, Sembilan Kecamatan di Indramayu Tergenang Air

Disebabkan tanggul jebol dan luapan sungai

Indramayu, IDN Times - Sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu terendam banjir akibat luapan Sungai Cimanuk ditambah curah hujan tinggi sejak Minggu (7/2/2021). Berdasarkan catatan, sedikitnya sembilan kecamatan di Kabupaten Indramayu terendam banjir. 

Hingga Senin (8/2/2021) siang, intensitas hujan masih mengguyur di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Tim SAR gabungan pun mengevakuasi warga terdampak banjir di sejumlah lokasi ke tempat lebih aman.

1. Warga terdampak banjir dievakuasi

Jalur Pantura Banjir, Sembilan Kecamatan di Indramayu Tergenang AirBasarnas mengevakuasi warga terdampak banjir di Kabupaten Indramayu. (Dok. Basarnas Bandung)

Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansah menyampaikan, tim SAR gabungan sudah mengevakuasi lebih dari 160 jiwa korban terdampak banjir di Desa Karang Tumaritis Kecamatan Haurgeulis dan 40 jiwa di Kecamatan Terisi sejak pukul 07.30 Wib.

Banjir di Kecamatan Haurgeulis disebabkan karena tanggul jebol Sungai Cipunegara. Sementara di kecamatan lain, penyebab banjir akibat dari luapan Sungai Cimanuk.

"Kami masih melakukan evakuasi di daerah terdampak banjir Desa Karang Tumaritis Kecamatan Haurgeulis, Indramayu. Adapun jumlah data pengungsi sementara masih dalam pendataan oleh Pemda Indramayu," ujarnya.

2. Jalur pantura tergenang

Jalur Pantura Banjir, Sembilan Kecamatan di Indramayu Tergenang AirJalur pantura Indramayu-Jakarta tergenang banjir (dok. instagram @indramayuterkini)

Banjir di Indramayu pun membuat jalur pantura Indramayu-Jakarta tergenang. Akibatnya, antrean kendaraan terjadi dari arah Cirebon hingga Jakarta dan sebaliknya.

Genangan terjadi tepatnya berlokasi di Kecamatan Losarang dengan ketinggian air mencapai 39 cm. Pengendara terpaksa memperlambat laju kendaraannya agar tetap bisa melewati jalan dengan aman.

"Kalau mau menerobos, harus pelan-pelan. Akibatnya terjadi antrean kendaraan," ujar Dedy, pengendara yang melintasi jalur pantura.

3. Jalur pantura macet

Jalur Pantura Banjir, Sembilan Kecamatan di Indramayu Tergenang AirKantor Koramil1611/Losarang Indramayu terendam banjir (instagram @indramayuterkini)

Koordinator Lapangan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Indramayu, Waminudin menjelaskan, untuk mengurai antrean kendaraan, petugas kepolisian dibantu dengan tim SAR memberlakukan satu jalur di jalur Jakarta-Cirebon. Kendati demikian, arus kendaraan tetap harus merayap dengan kecepatan sekitar 5 km/jam.

"Pengendara yang melintas diharapkan hati-hati dan memperlambat laju kendaraannya. Karena ketinggian genangan masih mengkhawatirkan," terangnya.

4. Warga diungsikan di masjid

Jalur Pantura Banjir, Sembilan Kecamatan di Indramayu Tergenang AirRumah warga di Kabupaten Indramayu terendam banjir (dok. instagram @indramayuterkini)

Waminudin mengemukakan, banjir juga menggenangi pemukiman penduduk di desa sekitar jalur pantura Losarang. Menurutnya, warga setempat terpaksa banyak diungsikan di Masjid Annur Dai Desa Krimun, Kecamatan Losarang. Sebab ketinggian air mencapai hingga satu meter. Kondisi tersebut terjadi sejak Minggu (7/2/2021) malam.

"Dari semalam sudah banyak warga yang mengungsi untuk ditempatkan di lokasi yang lebih aman di Masjid An-Nur di Desa Krimun," tutur Waminudin.

Tim gabungan yang terjun ke lokasi dalam penanganan banjir yaitu, unsur Basarnas Bandung, BPBD Indramayu, Satpolair Polres Indramayu, PMI Kabupaten Indramayu dan Tagana.

Baca Juga: 15.352 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Karawang

Baca Juga: Tergenang Banjir, Gerbang Tol Arah Bandara BIJB Ditutup Sementara

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya