Hujan Deras dan Angin Kencang Rusak Rumah Warga, Satu Orang Terluka

Angin kencang akibatkan dinding rumah warga ambruk

Kuningan, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Desa Karangmangu, Kabupaten Kuningan pada Senin (17/12) malam mengakibatkan seorang warga terluka akibat tertimpa dinding rumah yang ambruk.

Korban, Sukarma (38) langsung terpaksa dilarikan di RS Linggarjati akibat tertimpa material reruntuhan. Dari keterangan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Sofyan menuturkan, kronologi peristiwa bermula hujan deras disertai dengan angin kencang.

Tiba-tiba dinding lantai dua rumah milik Ismail ambruk menimpa atap rumah korban di Dusun Manis RT 08 RW 03, Desa Karangmangu.

"Karena rumah milik Pak Ismail ini lebih tinggi, seketika reruntuhan dinding menimpa atap rumah korban," ujarnya saat ditemui di lokasi, Selasa (17/12).

1. Korban tertimpa runtuhan material bangunan

Hujan Deras dan Angin Kencang Rusak Rumah Warga, Satu Orang TerlukaIDN Times/Wildan Ibnu

Korban yang saat kejadian berada di rumah langsung tertimpa reruntuhan dan atap. Beruntung, korban masih bisa selamat dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. Korban mengalami luka ringan di bagian kepala akibat reruntuhan bangunan.

"Korban saat itu berada di rumah tetangga Pak Ade. Korban sudah diberikan perawatan intensif di rumah sakit. Saat ini korban tidak ada di rumah, karena masih merasakan trauma," ujar Sofyan.

2. Material bangunan dibersihkan

Hujan Deras dan Angin Kencang Rusak Rumah Warga, Satu Orang TerlukaIDN Times/Wildan Ibnu

Tim gabungan dari unsur BPBD, TNI, dan pemerintah desa dan masyarakat setempat turut membantu evakuasi dan perbaikan atap dan dinding rumah. Evakuasi sementara dilakukan dengan cara pemasangan terpal atap rumah korban milik BPBD.

Upaya itu dilakukan agar air tidak masuk ke rumah saat hujan turun. Selain itu, masyarakat dan petugas juga terlibat melakukan pembongkaran dan pembersihan material tembok dan atap yang ambruk.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada mengingat intensitas curah hujan semakin tinggi. Terutama pohon-pohon tinggi dan rumah-rumah tua," ujarnya.

3. Intensitas hujan meningkat

Hujan Deras dan Angin Kencang Rusak Rumah Warga, Satu Orang TerlukaIDN Times/Wildan Ibnu

Sofyan menjelaskan, selama musim hujan berlangsung, tercatat sudah tujuh kali pohon tumbang di jalan provinsi dan jalan nasional. Dengan begitu, petugas gabungan penanggulangan bencana siap siaga menyusul potensi bencana yang mengintai.

"Selama seminggu terakhir ini curah hujan di Kabupaten Kuningan sangat tinggi. Tercatat sudah sering ada pohon tumbang," tutup Sofyan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya