Evaluasi Libur Nataru, Penumpang KA Cirebon Meningkat 6 Persen

Banyak penumpang dinamis beralih ke moda transportasi KA

Cirebon, IDN Times - Jumlah penumpang kereta api dari Cirebon pascalibur natal dan tahun baru (nataru) meningkat sebesar 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Selama 18 hari terhitung dari 19 Desember 2019 hingga 5 Januari, tercatat sebanyak 139.290 penumpang KA bermobilitas dari stasiun-stasiun Cirebon.

Selama masa nataru, jumlah KA yang melintasi wilayah daerah operasi (Daop) 3 Cirebon sebanyak 137 KA penumpang, dan 60 KA barang. Setiap harinya, PT KAI Daop 3 memberangkatkan 9 rangkaian KA di stasiun-stasiun Cirebon.

1. Meningkat 6 persen dibanding tahun lalu

Evaluasi Libur Nataru, Penumpang KA Cirebon Meningkat 6 PersenDok. Humas PT KAI Daop 3 Cirebon

Selama 18 hari masa angkutan nataru, tercatat sebanyak 139.290 penumpang yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 3 Cirebon. Dibandingkan tahun sebelumnya, penumpang nataru tahun 2018/2019, tercatat hanya 131.364 penumpang.

"Angkutan nataru tahun ini mengalami peningkatan sebesar 6 persen. Jika dibanding tahun lalu yang hanya sebesar 131.364 penumpang," ujar Manager Humas Daop 3 Cirebon, Luqman Arif.

2. Sembilan KA beroperasi setiap hari selama Nataru

Evaluasi Libur Nataru, Penumpang KA Cirebon Meningkat 6 PersenDok. Humas PT KAI Daop 3 Cirebon

Selama angkutan nataru ini, PT KAI memberangkatkan 9 KA penumpang dari wilayah Daop 3 Cirebon. Kesembilan KA tersebut yaitu, 6 KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir, KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember, KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol, serta KA Kaligung relasi Brebes-Semarang Poncol.

Luqman mengatakan, indikator kenaikan jumlah penumpang pada nataru 2019/2020 ini dikarenakan minat masyarakat menggunakan KA semakin tinggi. Terlebih, tingkat keselamatan serta ketepatan waktu pemberangkatan dan tiba di stasiun, lebih terjamin.

"Secara umum, pelaksanaan angkutan nataru kali ini berjalan dengan aman, lancar, dan selamat. Kenaikan jumlah penumpang ini antara lain ditunjang karena adanya penumpang dinamis. Artinya, banyak beralih menggunakan KA dibandingkan moda transportasi lainnya," ujarnya.

3. Meningkatkan pelayanan kepada penumpang

Evaluasi Libur Nataru, Penumpang KA Cirebon Meningkat 6 PersenDok. Humas PT KAI Daop 3 Cirebon

Kendati demikian, PT KAI akan terus berbenah demi meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama peningkatan pada mutu pelayanan, operasional dan pemasaran. Menurut Luqman, dengan semakin baiknya tingkat kenyamanan dan pelayanan transportasi KA, maka akan bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk memilih menggunakan transportasi KA sebagai moda mobilitas kesehariannya.

"Kami selalu mengacu pada empat pilar utama yaitu keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan kepada para penumpang," tutup Luqman.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya