Siap-siap, Pemerintah Bakal Perpanjang PPKM Darurat hingga Akhir Juli

Informasi tersebut disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy

Bandung, IDN Times - Masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa dan Bali harus bersiap diri jika pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga akhir Juli 2021, nanti.

Rencana ini bahkan sudah dibahas Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersama sejumlah menteri dalam rapat kabinet terbatas secara daring.

Informasi terkait perpanjangan PPKM Darurat Jawa-Bali hingga akhir Juli itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan oleh Bapak Presiden, (PPKM darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli. Sampai akhir Juli PPKM ini," kata Muhadjir di Hotel University Club (UC) Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Jumat (16/7/2021).

1. Keputusan memperpanjang PPKM Darurat penuh risiko

Siap-siap, Pemerintah Bakal Perpanjang PPKM Darurat hingga Akhir JuliIDN Times/Margith Juita Damanik

Muhadjir menyebut, Presiden Joko Widodo mengutarakan bahwa keputusan memperpanjang PPKM darurat ini disertai banyak risiko.

"Termasuk bagaimana supaya seimbang bersama-sama antara meningkatkan disiplin warga untuk mematuhi protokol kesehatan dan standar-standar PPKM dan bantuan sosial," katanya.

2. Berharap gotong-royong masyarakat

Siap-siap, Pemerintah Bakal Perpanjang PPKM Darurat hingga Akhir JuliTim kepolisian memberikan bantuan kepada Evi Marita dan keluarga selama isolasi mandiri. Dok/Humas Polresta Malang Kota

Khusus untuk bansos, diakui Muhadjir, pemerintah saja tak akan mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat. Maka dari itu ia mengharap warga saling bantu dalam situasi seperti ini.

"Bantuan sosial tidak mungkin ditanggung negara sendiri, oleh pemerintah," katanya.

"Saya mohon juga ada gerakan untuk membantu mereka-mereka yang kurang beruntung akibat kebijakan PPKM ini. Untuk saling membanu, saling bergandeng tangan, saling mengulurkan tangan," sambung dia.

3. PPKM Darurat tak akan efektif selama masyarakat belum sadar

Siap-siap, Pemerintah Bakal Perpanjang PPKM Darurat hingga Akhir JuliIlustrasi mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Namun Muhadjir menekankan, diperpanjang atau diperkuat seketat apa pun PPKM ini tak akan mampu berjalan efektif ketika tak disertai kesadaran dari masyarakat untuk menaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Pokoknya begini, apa pun namanya entah PPKM darurat atau PPKM super darurat selama masyarakat tak mau kompromi untuk menahan diri terhadap keinginan untuk melanggar atau tidak mematuhi prokes, tidak menyadari prokes adalah nadi yang paling utama dalam upaya kita menangani Covid-19 ya tidak akan berhasil. Apa pun upaya pemerintah akan mubazir kalau masyarkat ini tidak sadar-sadar," tutupnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Terus Naik di PPKM Darurat, DPR Usul Buat Tim Adhoc

Baca Juga: Luhut Akui COVID-19 Varian Delta Tidak Bisa Dikendalikan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya