WNA Dilarang Masuk Indonesia, Begini Respons Oded M Danial

Wali kota Bandung merespons positif kebijakan Indonesia

Bandung, IDN Times - Pemerintah pusat melalui Kementerian Luar Negeri, membuat regulasi menutup sementara pintu masuk untuk warga negara asing (WNA) yang akan ke Indonesia mulai 1-14 Januari 2021 mendatang.

Dengan kebijakan ini, Wali Kota Bandung Oded M Danial merespons positif dan mendukung aturan tersebut. Pasalnya, ini sebagai upaya penanggulangan COVID-19 di Indonesia dan momen libur tahun baru.

"Saya sangat mengapresiasi merespons positif dengan kebijakan ini agar dampaknya COVID-19 ini lebih cepat pulih di Kota Bandung," kata Oded di Bandung, Rabu (30/12/2020).

1. Upaya Kota Bandung menekan penyebaran COVID-19

WNA Dilarang Masuk Indonesia, Begini Respons Oded M Danial(Sidak PKL Jalan Dipati Ukur) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Sejak awal pandemi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah melakukan upaya bersama gugus tugas untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Di antaranya mengikuti imbauan work from home, Pembelajaran Jarak Jauh, penutupan jalan, dilakukan Rapid tes, dan lainnya.

Hingga pada akhir 2020, pihak Pemkot mengimbay umat kristiani untuk melakukan ibadah Natal secara daring dan larangan mengadakan perayaan malam Tahun Baru yang mengakibatkan kerumunan.

2. Tunda sekolah tatap muka di 2021

WNA Dilarang Masuk Indonesia, Begini Respons Oded M DanialIlustrasi aktivitas di sekolah. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Selain itu, Oded juga mendapatkan saran dari epidemiolog untuk tidak buru-buru mencabut kebijakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka pada semester genap Januari tahun 2021.

"Satu epidemiolog rekomendasinya belum dibuka. Dari epidemiologi, belum dari yang lain, analisis dan kajian mereka merupakan bagian daripada masukan ke mang Oded nanti apakah layak tidak, sudah siap atau tidak kota Bandung belajar tatap muka atau tidak," ujarnya kemarin.

3. Kota Bandung berada di zona oranye

WNA Dilarang Masuk Indonesia, Begini Respons Oded M DanialIDN Times/Humas Bandung

Setelah berada di zona merah yang cukup lama, Kota Bandung kembali masuk ke zona oranye atau level risiko sedang. Namun saat ini ketersediaan ruang ICU dan isolasi di Kota Bandung terbilang penuh atau sudah mencapai 98 persen.

Berdasarkan data yang dipaparkan Kemenkes, keterisian tempat tidur ICU di Kota Bandung per 26 Desember 2020 sudah mencapai 98 persen, dari 49 tempat tidur ICU yang tersedia sudah terpakai 48. Sementara keterisian tempat tidur isolasi capai 89 persen dari 1.138 yang tersedia sudah terpakai 1.017 tempat tidur.

4. Dua daerah Jabar masih di zona merah

WNA Dilarang Masuk Indonesia, Begini Respons Oded M DanialIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Perlu diketahui, pada periode akhir tahun 2020 ada empat wilayah di Provinsi Jawa Barat yang masih berada zona merah. Di antaranya Depok, Karawang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Tasikmalaya.

Semua pihak terus mengingatkan dan mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan baik di rumah maupun di luar rumah.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya