Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kota Bandung Mulai Besok

Nakes hingga artis akan menerima vaksin COVID-19

Bandung, IDN Times – Kegiatan penyuntikan vaksin COVID-19 Sinovac tahap satu akan dilakukan secara sentak di beberapa provinsi pada Kamis, 14 Januari 2021. Termasuk Kota Bandung yang juga terdaftar sebagai kota yang menerima vaksin tahap pertama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, perkembangan vaksin sudah sesuai dengan rencana, baik di tingkat nasional maupun Provinsi.

“Tahap 1, Bandung akan melaksanakan launching atau kick off sekitar pukul 09.00 WIB di RSKIA,” kata Ahyani, Rabu (13/1/2021).

1. 10 orang yang akan jadi orang pertama divaksin Sinovac

Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kota Bandung Mulai BesokKlikdokter

Menurut Ahyani, orang yang akan mendapat vaksin meliputi tenaga kesehatan (nakes) yang terdaftar dan dipanggil sistem pusat yang terintegritas. Selain itu sebanyak 10 orang tokoh yang berpengaruh di Kota Bandung.

“10 orang untuk sebagai tokoh yang juga disuntik pertama ada pejabat publiknya seperti Pak Sekda, dari DPRD, Kapolrestabes, saya sendiri selaku Kadinkes, salah seorang direktur RS, kepala cabang BPJS, dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), musisi, influenser, dan Kemenag,” jelasnya.

2. Musisi Ariel Noah dan Novelis Risa Saraswati juga akan divaksin COVID-19

Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kota Bandung Mulai Besokinstagram.com/ariel_inst

Musisi atau vokalis Noah Ariel dan Risa Saraswati akan jadi orang pertama divaksin di Kota Bandung pada besok pagi.

“Kalau influensernya Risa novelis Danur, mudah mudahan dia bisa jadi pendorong untuk kelompok muda. Kalau musisi Inyas Allah Kang Ariel bisa datang,” ujarnya.

3. Dosis tahap 1 sebanyak 25 ribu dosis

Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kota Bandung Mulai BesokVaksin COVID-19 Sinovac pada 19 Juli 2020 tiba di Soetta dan langsung dibawa ke Bandung untuk segera mulai Uji Klinis oleh Biofarma dan FK Unpad. Dok. IDN Times/bt

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kesehatan, menerima vaksin sebanyak 25 ribu dosis untuk tahap 1. Pihaknya telah menyiapkan 191 fasilitas kesehatan akan tetapi, menurut Ahyani itu tergantung pada sistem dalam SDM kesehatan yang tercatat di fasilitas yang sudah ditentukan. Pasalnya para penerima vaksin yang mentukan lokasi.

Perlu diketahui, bahwa saat ini vaksin sudah di kantor Dinkes, sedangkan untuk distribusi fasilitas kesehatan pihaknya menunggu buka sistem di atas jam 1.

4. Hari ini Presiden Jokowi divaksin Sinovac di istana negara

Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kota Bandung Mulai BesokIlustrasi Jokowi (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk pertama kalinya, Rabu (13/1/2021) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendapat vaksin Sinovac di Istana Negara bersama beberapa tokoh publik lainnya termasuk artis tanah air Raffi Ahmad. Suami dari Nagita Slavina ini sebagai salah satu penerima vaksin petama perwakilan dari golongan milenial.

Kegiatan vaksinasi digelar secara live dan bisa ditonton oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tentunya, sambil menunggu giliran untuk mendapatkan vaksin, masyarakat diimbau untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan minimal 3M meliputi memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

 

Baca Juga: Hanya Nakes di 7 Daerah yang Ikuti Vaksinasi COVID-19 Perdana di Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya