Segera Diaktivasi, Teras Cihampelas Bandung Bakal Ada Jalur Sepeda

Pemkot Bandung segera memperbaiki fasilitas di skywalk

Bandung, IDN Times – Pemerintah Kota Bandung berkomitmen segera memperbaiki fasilitas yang rusak di kawasan wisata Teras Cihampelas, Jalan Cihampelas. Bahkan, ditargetkan sebelum bulan puasa nanti, Teras Cihampelas akan kembali bisa dinikmati masyarakat.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana telah meminta dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar), Dinas Koperasi Usaha Micro Kecil dan Menengah (UKM) untuk segera melakukan perencanaan dan perbaikan di Teras Cihampelas. Sehingga, objek wisata di Kota Bandung ini bisa segera diaktivasi dengan target sebelum bulan puasa nanti.

Berdasarkan peninjauan langsung, Yana melihat kondisi Teras Cihampelas atau Skywalk tidak terawat dan rusak seperti lantai, taman, kios-kios, dan fasilitas penunjang lainnya, Kamis (28/1/2021).

Selain itu melakukan perbaikan, Yana juga merencanakan untuk menambah ramp atau jalur khusus agar para pesepeda bisa memanfaatkan Teras Cihampelas. Tentunya agar destinasi ini hidup kembali dan ramai oleh pengunjung.

“Sekarangkan sedang euforia sepeda, teman-teman sepeda juga lagi cari tempat untuk spot istirahat dan saya pikir ini menunjang sekali. Orang lagi banyak cari spot roop top. Di sini hawanya enak, pemandangan juga,” kata Yana di Teras Cihampelas, Kamis (28/1/2021).

1. Pertimbangan sepeda bisa ke atas

Segera Diaktivasi, Teras Cihampelas Bandung Bakal Ada Jalur SepedaIlustrasi (Pixabay)

Perihal rencana penambahan ramp dan pesepeda bisa naik ke atas Teras Cihampelas, menurut Yana bisa dikonsepkan. Hal terpenting saat ini adalah aktivasi terlebih dahulu agar tempat tersebut bisa ramai kembali.

“Nggak apa-apa, saya pikir ini kan kita bisa aktivasi. Karena kalau khusus pejalan kaki, kalau tidak ada aktivasi yang menarik itu kan juga nggak bisa tumbuh kegiatan ekonomi di sini,” ujarnya.

Yana berharap, bisa memanfaatkan moment di mana saat ini euphoria sepeda sedang naik sehingga bisa dicoba  dan pesepeda pasti mencari spot untuk istirahat, ngopi, sarapan dan lainnya. Sehingga mudah-mudahan pejalan kaki juga jadi tertarik di sini. Insya Allah,” ungkapnya.

2. Target sebelum puasa sudah diaktivasi

Segera Diaktivasi, Teras Cihampelas Bandung Bakal Ada Jalur SepedaSiti Fatonah IDN Times Jabar / Teras Cihampelas

Karena bukan kontruksi yang besar, Yana menargetkan aktivisi dan pemasangan ramp bisa dilakukan segera atau sebelum bulan puasa sudah normal. Ia pun meminta untuk dibuat designnya kepada dinas terkait.

“Saya minta Dinas PU gambar dulu rampnya, kelihatannya tadi ngobrol (rencana pemasangan) tidak terlalu lama. Mudah-mudahan sebelum puasa sudah bisa, nanti mudah-mudahan ini meremanya (ramai) pas lebaran,” ujarnya.

3. Tempat seni budaya dan wisata

Segera Diaktivasi, Teras Cihampelas Bandung Bakal Ada Jalur SepedaANTARA FOTO/Jojon

Selain sebagai tempat nongkrong, Teras Cihampelas pun akan diaktivasi melalui seni budaya dan wisata. Agar lebih menarik dan roda perekonomian kios-kios yang sudah ada kembali stabil.

“Nanti pengelolaan dari Disbudpar kami akan menggilir potensi yang ada di Kota Bandung dari seni, budaya, wisata pokoknya kita kurasi dulu biar tampilan mereka lebih menarik lagi,” Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari.

Soal kuliner, Disbudpar sudah meminta Dinas UKM agar ada kurasi. Agar tempat yang sudah bagus ini terawat dan bersih. Sehingga para tenan harus dibina dulu agar seluruh wisatwan betah dan nyaman.

“Kita nanti kita bikin kalender event untuk Teras Cihampelas ini. Rencana tadi dalam sebulan ada (beberapa event) tentu kalau PSBB selesai. Aktivasi selesai nanti kita bikin kalender eventnya,” tegasnya.

4. Ada 192 kios di Teras Cihampelas

Segera Diaktivasi, Teras Cihampelas Bandung Bakal Ada Jalur SepedaSiti Fatonah IDN Times Jabar / Teras Cihampelas Bandung

Perlu diketahui, bahwa di Teras Cihampelas terdapat 192 kios atau pelaku usaha. Namun sejak pandemi banyak yang berenti berjualan karena sepinya pengunjung. Hanya tersisa 4 kios kuliner yang masih bertahan untuk melakukan kegiatan jual beli di atas.

Perihal kios yang rusak, Pemerintah Kota Bandung pun akan mengecek dan memperbaiki fasilitas yang ada. Sehingga semua merasa aman dan nyaman.

Baca Juga: Lama Tak Diurus, Pemkot Bandung Siap Aktifkan Lagi Teras Cihampelas

Baca Juga: [FOTO] Kumuh dan Rusak, Nasib Teras Cihampelas yang Tak Terurus

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya