Mobil Tertimpa Pohon Tumbang, Ini Besaran yang Diganti Pemkot Bandung 

Korban tertimpa pohon tumbang dapat asuransi

Bandung, IDN Times - Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Roslina menjelaskan, kendaraan yang tertimpa pohon tumbang akan diberi santunan berupa uang. Hal ini merupakan upaya Pemerintah dan dinas terkait untuk meringankan beban kerusakan kendaraan warga Bandung.

Berdasarkan data MoU baru pada Oktober 2020-2021, pihaknya memberikan asuransi kepada korban kerusakan kendaraan Rp25 juta. Sedangkan jika tertimpa pada orang maksimal senilai Rp 20 juta, dan korban yang meninggal Rp 50 juta.

"Untuk santunan kita pastikan khusus yang berada di wilayah kota Bandung," kata Roslina di Balai Kota Bandung, Rabu (11/11/2020).

1. Prosedur klaim asuransi

Mobil Tertimpa Pohon Tumbang, Ini Besaran yang Diganti Pemkot Bandung Siti Fatonah IDN Times Jabar/ Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Roslina

Jika warga yang merasa menjadi korban tertimba pohon tumbang atau patah dahan akan mendapat santunan. Sebelum mendapat santunan tersebut, pihaknya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Prosedur klaim dana yakni pertama lapor ke pihak kepolisian setempat, lalu diserahkan kepada DPKP3 Kota Bandung. Tentunya masih ada proses lainnya bersama pihak Bank yang bekerja sama.

"Nanti kita proses melalui pihak bank yang kita kerja sama. Tapi itu khusus pohon yang dikelola Pemkot Bandung jika milik pribadi tidak bisa," ucapnya.

2. Tahun 2020 sudah ada 10 kejadian

Mobil Tertimpa Pohon Tumbang, Ini Besaran yang Diganti Pemkot Bandung Dok.IDN Times/Istimewa

Menurut Roslina dalam sesi Bandung Menjawab, sejak awal 2020 sudah ada 10 kejadian. Yakni 9 kejadian patah dahan menimpa kendaraan dan satu menimpa warga.

Terkait standar kerusakan, nanti pihak asuransi yang akan mengecek. Apakah kendaraan rusak berat atau ringan akan cek terlebih dahulu.

3. Jumlah pohon milik Pemkot Bandung

Mobil Tertimpa Pohon Tumbang, Ini Besaran yang Diganti Pemkot Bandung tourbandung.id

Berdasarkan data sejak 2016, pohon di Kota Bandung yang terpelihara total sekitar 2591 dari 1,9 juta pohon. Kejadian pohon tumbang atau patah dahan sebanyak 150 kejadian selama 2020.

"Yang tumbang 61 kejadian dan 75 kejadian akibat patah dahan," sebutnya.

4. Antisipasi pohon tumbang

Mobil Tertimpa Pohon Tumbang, Ini Besaran yang Diganti Pemkot Bandung Istimewa/BPBD Purbalingga

DPKP3 Kota Bandung secara rutin melaksanakan pemangkasan dalam satu hari di 4 lokasi. Prioritas adalah pohon tinggi dan rimbun yang akan dipangkas.

"Tinggi pohon agar tidak terlalu rimbun harus dipangkas karena khawatir beban pohon akan berat akibat hujan dan mengakibatkan tumbang," jelasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya