Batal Naik, Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Cipularang Golongan 1

Jasa Marga menunda kenaikan tarif tol selama 7 bulan

Bandung, IDN Times - PT. Jasa Marga (Persero) menunda menaikkan tarif tol Cipularang dan Purbaleunyi yang seharusnya diterapkan pada Sabtu (05/09/2020). Sebelum tarof baru, Jasa Marga memberikan diskon untuk kendaraan golongan 1 (pribadi) sehingga tarif tol tidak berubah seperti semula.

1. Penyesuaian tarif tol sudah ditunda selama 7 bulan

Batal Naik, Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Cipularang Golongan 1Sejumlah pengendara mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020) (ANTARA FOTO/Rifki N)

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, Jasa Marga telah menerima Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penyesuaian tarif tol tersebut pada bulan Juni dan Juli 2020 lalu.

"Memang baru direncanakan akan diberlakukan di bulan September tahun 2020. Dapat kita lihat, adanya penundaan penyesuaian tarif tol selama kurang lebih 7 bulan" kata Heru, Sabtu (05/09/2020).

Menurutnya, hal ini menandakan pemerintah telah mempertimbangkan dampak dari pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) terhadap ekonomi masyarakat.

2. Jasa Marga kembali pertimbangkan kenaikan tarif tol karena respons masyarakat

Batal Naik, Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Cipularang Golongan 1Kepadatan kendaraan menuju Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/8/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Karena adanya respons keberatan dari masyarakat akhirnya Jasa Marga mempertimbangkan masukan-masukan tersebut. Jasa Marga mengambil inisiatif untuk memberlakukan diskon tarif untuk kendaraan pribadi (Golongan I).

“Diskon yang diberlakukan adalah diskon tarif untuk Golongan I. Dengan adanya diskon ini maka pengguna jalan Golongan I membayar tarif sesuai dengan jumlah semula sebelum tarif disesuaikan (tarif awal)," jelasnya.

3. Diskon tarif tol akan segera berlaku

Batal Naik, Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Cipularang Golongan 1pexels.com/Polina Tankilevitch

Menurutnya, pemberlakuan diskon untuk golongan 1 akan diterapkan pada Minggu (06/09/2020) besok. Pasalnya perlu adanya penerapan setting sistem peralatan, maka diskon tarif ini berlaku mulai  Minggu (06/09) pukul 00.00 WIB.

4. Sempat diprotes Ridwan Kamil lewat Instagram

Batal Naik, Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Cipularang Golongan 1Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, melayangkan protes ketidaksetujuan adanya kenaikan tarif tol Cipularang dan Purbaleunyi. Karena dengan kondisi pandemi saat ini tindakan tersebut kurang tepat dan akan memberatkan.

"Menaikkan tarif tol di situasi ekonomi sulit saat pandemi ini sangatlah tidak bijak. Ekonomi yang potensi resesi ini hanya akan diperparah oleh kebijakan korporasi ini. Karena sub sektor ekonomi turunannya akan ikut naik" tulis @ridwankamil, Sabtu (05/09/2020).

Sementara untuk pengguna jalan dengan Golongan II-V, tetap berlaku tarif baru setelah disesuaikan karena Jasa Marga menegaskan bahwa pada penyesuaian tarif tol Cipularang & Padaleunyi terdapat penurunan tarif untuk kendaraan logistik Gol III dan Gol V sebagai salah satu upaya dalam mendukung aksesibiitas logistik nasional.

Baca Juga: Ridwan Kamil Kecewa Jasa Marga Naikan Tarif Tol di Tengah Pandemik

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya