Air Warga Cikutra Bandung Bau Comberan, Ini Kata PDAM Tirtawening

penyebab air warga Bandung bau

Bandung, IDN Times – PDAM Tirtawening Bandung mendapatkan laporan keluhan dari warga mengenai kondisi air yang keruh dan berbau comberan. Keluhan pelanggan dan warga mengenai kondisi air ini sudah terjadi sepekan di RT 07 RW 10 Jalan Kerancang 1, Cikutra, Kota Bandung.

Setelah mendapat laporan, pihak PDAM langsung melakukan pengecekan di lokasi dan sudah diketahui apa penyebab air keruh dan berbau tersebut yakni dari pipa warga yang bocor.

“Jadi ini banyak pipa yang masuk ke rumah-rumah yang bocor dan ini sedang ditelusuri,” kata Agustiawan selaku Kepala Wilayah Timur Perumda Tirtawening Bandung, rabu (3/1/2021).

1. Penyebab utama air bau

Air Warga Cikutra Bandung Bau Comberan, Ini Kata PDAM Tirtaweningdokumen pribadi

Menurutnya, inti penyebab air warga setempat keruh dan berbau karena pipa bocor. Kemudian posisi pipa tersebut masih berada di saluran selokan warga sehingga harus ditertibkan.

“Kami sudah telusuri banyak pipa yang ke rumah enggak dipakai dan diputus. Mudah-mudahan kalau ini dari warga ngizinkan menggali kami bisa cepat menindaklanjuti. Kadang gali-gali juga perlu proses izin karena masuk gang kecil,” jelasnya.

2. Selama proses perbaikan PDAM kirimkan bantuan air bersih

Air Warga Cikutra Bandung Bau Comberan, Ini Kata PDAM TirtaweningANTARA FOTO/Arnas Padda

Warga setempat pun tidak perlu khawatir selama proses perbaikan. Sebab, pihak PDAM Tirtawening Bandung akan memasang konektor agar warga tetap bisa mendapat air bersih dari rumah.

”Kami mau pasang konektor jadi kami isi pakai air tanki dimasukkan ke pipa. Nanti kami monitor dan ketahuan mana yang bocor, sebalah mananya,” ucapnya.

3. Warga harus menggunakan identitas yang jelas agar keluhannya cepat diproses

Air Warga Cikutra Bandung Bau Comberan, Ini Kata PDAM TirtaweningIlustrasi kartu identitas lisensi. (Pixabay.com/mohamed_hassan)

Selain itu, sebagai edukasi kepada masyarakat atau pelanggan air dari PDAM Tirtawening Bandung agar menggunakan identitas yang jelas ketika melaporkan keluhan. Agar proses perbaikan bisa dilakukan dengan cepat.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan selalu ada oknum yang tidak bertanggung jawab membuat laporan keluhan palsu.

4. Warga keluhkan air kotor dan bau comberan

Air Warga Cikutra Bandung Bau Comberan, Ini Kata PDAM Tirtaweningdokumen pribadi

Sebelumnya, Naufal seorang warga Cikutra mengeluhkan bahwa air di rumahnya keruh dan berbau comberan. Hal ini sudah terjadi selama sepekan.

Tidak hanya rumahnya, melainkan tetangganya pun banyak yang mengeluhkan hal tersebut. Sehingga perlu dikontrol oleh pihak PDAM Tirtawening Bandung.

“Iya betul berbau, sudah hampir seminggu di sini. Bukan cuma saya tapi satu RT 07,” kata Naufal saat dikonfirmasi, Rabu (3/2/2021).

Baca Juga: Sudah Sepekan, Warga Cikutra Bandung Keluhkan Air PDAM Berbau Comberan

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Air Bersih, PDAM Tirtawening Tarik Air Waduk Saguling

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya