Comscore Tracker

[FOTO] Jokowi Unggah Foto Terkini Kondisi Tol Cisumdawu

Di atas tol ada jalan berkelok seperti ular

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengunggah sebuah foto penampakan pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di akun Twitter-nya, @jokowi pagi ini, Senin (9/9).

Jokowi menyebut, Tol Cileunyi-Dawuan menembus perut gunung sepanjang 472 meter. Sementara, di atas tol tersebut terlihat jalan dan jembatan berkelok-kelok seperti ular.

"Sepenggal Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, di daerah Ranca Kalong, Sumedang. Jalannya melalui dua terowongan sepanjang 472 m menembus perut gunung. Di atasnya jalan dan jembatan bersilangan menghubungkan permukiman warga Desa Cilengser. Indah, bukan?" cuit Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljo sebelumnya menargetkan pembangunan Tol Cisumdawu Seksi I dan II sepanjang 28,5 km selesai pada akhir 2019.

Masing-masing terowongan tersebut memiliki panjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Pembangunan terowongan kembar tersebut membutuhkan biaya Rp890 miliar.

Pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km terbagi enam seksi. Seksi I dan II mulai dari Cileunyi hingga Sumedang didanai APBN dan pinjaman dari Pemerintah Tiongkok sebagai bagian dari viability gap fund (VGF), guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi III-VI sepanjang 32,6 km dikerjakan badan usaha jalan tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol.

Konstruksi Seksi 2 sepanjang 17,05 km dibagi menjadi dua fase. Fase I dari Ranca Kalong-Ciherang dengan panjang 6,35 km sudah selesai pada 2017. Sementara, fase II Ciherang-Sumedang dengan panjang 10,7 km.

Tol Cisumdawu diyakini akan meningkatkan mobilitas barang dan jasa dari selatan-utara Jawa Barat, karena menghubungkan Tol Purbaleunyi dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang sudah beroperasi lebih dulu. Cisumdawu juga merupakan akses menuju Bandara internasional Kertajati di Majalengka.

Sementara dari empat seksi yang dikerjakan BUJT dibangun dengan investasi Rp8,7 triliun. Pembangunan Tol Cisumdawu melibatkan 1.202 orang, di mana terdapat 70 pekerja level tenaga ahli berasal dari Tiongkok. Mereka bekerja bersama dengan tenaga ahli dari Indonesia dalam pembangunan tunnel.

Dari penampakan melalui satelit, ada sekitar 14 jalan fly over di atas tol ini. Yuk lihat penampakan keindahan Tol Cileunyi-Dawuan di Sumedang, Jawa Barat melalui satelit Google Map pada Juli 2015.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Belum Optimal untuk Mudik 2019

1. Tol Cisumdawu menembus gunung yang dipenuhi ladang dan Jalan Cilengser Satu

[FOTO] Jokowi Unggah Foto Terkini Kondisi Tol CisumdawuGoogle Map

2. Tol Cisumdawu menembus perut gunung di perbatasan Desa Cigendel, Kecamatan Sumedang Selatan dan Desa Pemulihan, Kecamatan Pemulihan, Kabupaten Sumedang

[FOTO] Jokowi Unggah Foto Terkini Kondisi Tol Cisumdawu

3. Ada sekitar 14 jembatan fly over yang melintasi Tol Cisumdawu

[FOTO] Jokowi Unggah Foto Terkini Kondisi Tol Cisumdawu

4. Selain keunikan jalan di atasnya, Tol Cisumdawu merupakan tol pertama di Indonesia yang menggunakan terowongan sepanjang 472 meter

[FOTO] Jokowi Unggah Foto Terkini Kondisi Tol CisumdawuTwitter/@KemenPU

5. Terowongan sisi kiri pertama kali tembus pada 31 Juli 2018

[FOTO] Jokowi Unggah Foto Terkini Kondisi Tol CisumdawuTwitter/@KemenPU

Sesuai harapan sebelumnya, semoga Tol Cisumdawu akan meningkatkan mobilitas barang dan jasa dari selatan-utara Jawa Barat, ya guys.

Baca Juga: Yuk Intip Terowongan Pertama Terpanjang di Tol Cisumdawu!

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You