Kampanye di Cirebon, Jokowi Optimistis Raih 75 Persen Suara

Jokowi ajak masyarakat lawan berita bohong

Cirebon, IDN Times - Calon Presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo melakukan kampanye terbuka di Desa Gebang Mekar, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat(5/4). Kampanye yang digelar Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) itu juga akan berlangsung di Kabupaten Indramayu.

Dalam kegiatan itu, Jokowi didampingi istrinya Iriana Joko Widodo dan tiba di lokasi sekitar pukul 10.00WIB. Ia optimistis bisa meraih kememenangan suara lebih dari 75 persen suara di wilayah Cirebon.

1. Cirebon harus bisa menang 75 persen

Kampanye di Cirebon, Jokowi Optimistis Raih 75 Persen SuaraIDN Times/Rehan

Dalam agenda kampanye terbukanya, Jokowi mengajak seluruh warga dan pendukungnya untuk ikut memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada 17 April 2019, nanti.

Di depan ribuan pendukungnya, Jokowi menargetkan kemenangan di Cirebon di atas 75 persen. Dia optimistis, pada saat pencoblosan nanti suara pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin bisa meraih diatas 75 persen. Sebab, kata dia, pada Pilpres 2014 lalu, suara Jokowi-Jusuf Kalla menang 61 persen di Kabupaten Cirebon.

"Tahun 2019 kita ingin di Cirebon kita ingin di atas 75 persen. Itu di kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon," ujar Jokowi di lokasi kampanye di Desa Gebang Mekar, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat(5/4).

2. Jokowi ditemani Megawati dan Ridwan Kamil

Kampanye di Cirebon, Jokowi Optimistis Raih 75 Persen SuaraIDN Times/Rehan

Dalam agenda kampanye terbuka di Kabupaten Cirebon, Jokowi berhadapan dengan sekitar 20 ribu pendukungnya. Dalam kesempatan tersebut Jokowi terlihat didampingi sejumlah tokoh seperti Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri,  PDIP Pramono Anung, Rokhmin Dahuri, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Ketua TKN KIK Erick Thohir.

3. Sebelum kampanye, Jokowi diarak menggunakan kendaraan hias

Kampanye di Cirebon, Jokowi Optimistis Raih 75 Persen SuaraIDN Times/Rehan

Kampanye terbuka digelar di lapangan Desa Gebang Mekar Kabupaten Cirebon dengan jumlah massa sekitar 20.000 orang. Lokasi tersebut berada di tepi pantai utara Pulau Jawa dan banyak nelayan bekerja di lokasi itu.

Jokowi datang ke lokasi kampanye didampingi istri Iriana Joko Widodo sekitar pukul 10.00WIB. Namun, sebelum memasuki panggung kampanye capres petahana Jokowi diarak menaiki mobil hias berbentuk perahu sekitar 200 meter.

4. Jokowi ingatkan masyarakat tidak golput

Kampanye di Cirebon, Jokowi Optimistis Raih 75 Persen SuaraIDN Times/Rehan

Dihadapan 20 ribu pendukungnya, Jokowi mengingatkan kepada warga yang hadir untuk tak golput. Mereka diminta datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April nanti dengan berbaju putih.

"Tanggal 17 April kita ajak saudara kita, teman sekampung kita, untuk berbondong-bondong ke TPS. Ajak mereka berbaju putih, karena yang akan dicoblos bajunya putih," kata Jokowi.

5. Perangi berita bohong jelang pencoblosan

Kampanye di Cirebon, Jokowi Optimistis Raih 75 Persen SuaraIDN Times/Irfan fathurohman

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap penyebaran berita bohong jelang hari pencoblosan. Karena itu, dia berharap masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan bersama.

"Harus dilawan, harus diluruskan. Harus berani meluruskan semuanya harus berani meluruskan, jangan sampai kabar hoaks fitnah itu mempengaruhi kita," ucap Jokowi.

Dalam kampanye itu, Jokowi juga menjelaskan tiga kartu sakti yakni Kartu sembako murah, Kartu prakerja dan KIP kuliah. "Penggunaan kartu ini tahun depan, tahun ini dianggarkan," tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya