[BREAKING] Gempa 5.1 SR Guncang Perairan Pangandaran 

Gempa tidak berpotensi tsunami

Pangandaran, IDN Times - Gempa kembali mengguncang wilayah pesisir Kabupaten Pangandaran, pukul 14:11:40 WIB, Minggu (24/05). Kali ini, gempa berkekuatan 5.1 skala rechter (SR) itu terjadi di koordinat 8.21 LS,107.86 BT, sekitar 90 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalam gempa sekitar 13 Kilometer.

"Getarannya cukup kuat dirasakan warga, banyak yang keluar rumah, namun tidak sampai ada kepanikan berlebihan, warga masih bertahan di rumahnya masing-masing," tutur Asep Nurdin, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran kepada IDN Times, Minggu(24/5).

Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Pastikan informasi berasal dari sumber resmi pemerintah seperti BMKG dan BNPB, sekarang aksesnya cukup mudah bisa didapat melalui situs resminya," kata dia.

Dia mengatakan, pantauan di sekitar wilayah pesisir kondisi air laut tetap normal. "Sementara ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut," ungkapnya.

Fina Kristian(34), salah seorang warga Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang mengatakan, dirinya merasakan gempa cukup besar. "Iya tadi sempat lari keluar rumah, gempanya juga cukup lama, saya takut karena rumah saya kan dekat pantai," ujarnya.

Dirinya baru merasa tenang setelah mendapatkan informasi gempa dari media sosial. "Untungnya informasi cepat, tadinya kita mau mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, tapi teman saya mengirim WA informasi dari BMKG gempa tidak berpotensi tsunami," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya