Jadi Perguruan Tinggi Terbaik, Ini Kunci Sukses IPB

IPB sudah gak kaget kalau harus belajar online

Jakarta, IDN Times - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Arif Satria menyebutkan, trasformasi digital yang dilakukan IPB sejauh ini memberi efek baik kepada hampir seluruh aspek kegiatan di kampus tersebut.

"IPB melakukan proses transformasi digital yang masif selama dua tahun terakhir ini," kata Arif saat dihubungi IDN Times lewat sambungan telepon, Selasa (18/8/2020).

"Saya kira itu juga bagian yang kemudian bisa berdampak pada efisiensi kerja pada proses kerja di IPB," lanjut Arif.

Baca Juga: Rektor Bangga IPB Urutan Pertama PTN Terbaik Versi Kemendikbud

1. IPB tak pernah jadikan peringkat satu sebagai target akhir

Jadi Perguruan Tinggi Terbaik, Ini Kunci Sukses IPB(Logo Institut Pertanian Bogor) www.infokampus.news

Arif menyadari, seluruh perguruan tinggi tentu memiliki mimpi yang sama untuk menjadi yang terbaik dan menjadi yang nomor satu. Namun, menurut dia, tiap perguruan tinggi punya usaha yang berbeda-beda menuju impian tersebut.

"Kalau di IPB, kita kerja saja. Kita melakukan kerja yang terbaik sesuai dengan program," kata Arif. Dia mengaku tidak ada target khusus selama IPB menjalani seluruh program yang dipersiapkan.

"Perangkingan seperti ini bukan tujuan. Ini adalah akibat dari proses yang sudah kita lakukan," kata Arif.

2. Transformasi digital secara masif dilakukan sejak dua tahun terakhir

Jadi Perguruan Tinggi Terbaik, Ini Kunci Sukses IPBInstitut Pertanian Bogor (Website/ipb.ac.id)

Salah satu upaya yang dilakukan oleh IPB adalah menggencarkan transformasi digital secara masif dalam dua tahun terakhir. Proses ini, menurut Arif, berdampak pada efisiensi kerja di IPB.

"Efisiensi, akurasi, karena kan biasanya kalau soal perengkingan itu berkaitan dengan soal data. Sehingga untuk memiliki data-data yang akurat memang harus seperti itu," kata Arif.

Dia meyakini, transformasi digital secara masif merupakan sebuah keniscayaan.

3. Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri dilakukan secara daring

Jadi Perguruan Tinggi Terbaik, Ini Kunci Sukses IPBKampus Institut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)

IPB sendiri, lanjut Arif, sudah melaksanakan ujian untuk seleksi masuk jalur mandiri bagi calon mahasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021. IPB memilih tes dilakukan secara daring dan tidak menggunakan nilai yang sudah diperoleh dari UTBK.

"Proses yang dilakukan semuanya berlangsung secara online. Itu jauh lebih efisien, jauh lebih efektif dan lebih akurat, sehingga lebih cepat juga," kata Arif.

Dia menyebutkan, dibandingkan tahun lalu, hanya ada peningkatan sedikit dari penerimaan mahasiswa baru di IPB tahun 2020 ini.

4. Transformasi digital membuat pembelajaran online jadi mudah

Jadi Perguruan Tinggi Terbaik, Ini Kunci Sukses IPB(instagram.com/arifsatria10)

Arif mengatakan, transformasi digital secara masif yang dilakukan IPB juga memberi pengaruh baik bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran online, yang dilakukan selama masa pandemik COVID-19.

"Sangat mudah sekali kalau semua online," kata Arif. "Baik untuk kegiatan pendidikan sangat membantu, untuk kegiatan WFH sangat membantu," lanjut Arif lagi.

Saat ini untuk manajemen organisasi, untuk administrasi, dan untuk pelayanan dengan adanya transformasi digital yang sangat masif di IPB, seluruhnya jadi berjalan lancar tanpa ada masalah berarti.

"Sudah gak kaget lagi. Kita sudah biasalah," kata Arif terkait pembelajaran online yang harus dilaksanakan di tengah masa pandemik virus corona.

Baca Juga: IPB akan Laksanakan Semester Ganjil Secara Daring

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya