Tampung Semua Pasien COVID-19, Karawang Maksimalkan Sisa Ranjang RS 

Sesuai dengan pesan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Karawang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Karawang akan memaksimalkan ketersediaan bed untuk pasien COVID-19. Hal tersebut sesuai dengan pesan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat kunjungan kerja ke Karawang beberapa hari lalu.

Sekda Karawang Acep Jamhuri menyampaikan ke jajarannya agar angka Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur, baik di rumah sakit maupun rumah sakit kedaruratan (hotel) bisa dimaksimalkan.

Dengan begitu, pemerintah berharap tidak ada lagi masyarakat terpapar corona yang tidak tertampung. "Karena jika tidak tertampung, dikhawatirkan bisa berdampak pada tingginya jumlah kematian dan angka penularan," kata Sekda Acep, kepada wartawan, Selasa (2/2/2021).

1. Pencegahan dilakukan secara menyeluruh

Tampung Semua Pasien COVID-19, Karawang Maksimalkan Sisa Ranjang RS Istimewa

Acep Jamhuri menyampaikan, penanganan kasus COVID-19 harus dilakukan secara menyeluruh dari hulu sampai hilir. Pasalnya, jika hanya menyiapkan rumah sakit, akhirnya semua pihak akan keteteran.

Karena itu, semua elemen masyarakat harus bersama-sama melaksanakan pencegahan ini. “Yang paling penting di samping melakukan pelayanan maksimal di rumah sakit, bagaimana mencegah masyarakat tidak sakit," ujarnya.

Jadi, protokol kesehatan seperti memakai masker saat aktivitas di luar rumah, tidak berkerumun, dan membiasakan cuci tangan pakai sabun harus terus diterapkan.

2. Keterisian bed mencapai 78,75 persen

Tampung Semua Pasien COVID-19, Karawang Maksimalkan Sisa Ranjang RS Ilustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Karawang Fitra Hergyana menyebutkan hingga kini keterisian bed pasien COVID-19 sudah mencapai 78,75 persen. Artinya, dari 1.718 bed yang disiapkan untuk merawat pasien COVID-19, sudah terisi 1.353 bed.

"Kami berharap agar keterisian bed di Karawang tidak sampai overload. Insya Allah pasien sembuh juga banyak," kata Fitra, dihubungi terpisah.

Hingga Senin, 1 Februari 2021, kasus COVID-19 jumlahnya ‎mencapai 9.937 orang, atau bertambah 131 orang dari hari sebelumnya.

3. Sebanyak 100 tenaga medis RSUD Karawang jalani vaksinasi

Tampung Semua Pasien COVID-19, Karawang Maksimalkan Sisa Ranjang RS Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Fitra menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga medis di RSUD Karawang telah dilaksanakan sejak Senin 1 Februari. Sebanyak 100 tenaga medis di RSUD Karawang telah menjalani vaksinasi perdana.

Vaksinasi kepada tenaga medis di RSUD Karawang yang digelar pada 1-2 Februari 2021 itu diharapkan memberikan semangat para tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19. "Target vaksin untuk RSUD sebanyak 1.118 orang. Insya Allah setiap hari ada 100 orang yang divaksin," ujarnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya