Comscore Tracker

Tak Pernah Diterima Kerja, Pengangguran Demo di Kantor Bupati Karawang

Mereka berdemo sambil bawa surat lamaran kerja

Karawang, IDN Times - Ratusan penangguran atau pencari kerja di Kabupaten Karawang geram karena tidak pernah diterima saat melamar pekerjaan di sejumlah perusahaan. Mereka berunjuk rasa di depan kantor bupati, Kamis (12/9), agar pemkab membuka mata tentang nasib yang dialami mereka.

Dalam aksinya, masyarakat yang mengatasnamakan Solidaritas Pengangguran dan Pribumi Karawang (SPPK) mengumpulkan ratusan hingga ribuan surat lamaran pekerjaan.

Sejumlah pencari kerja yang ikut unjuk rasa mengaku rata-rata sudah sering mengirimkan surat lamaran pekerjaan ke perusahaan yang ada di Karawang. Tapi tidak pernah mendapat panggilan untuk bekerja.

"Ini menjadi bagian dari upaya warga pribumi Karawang dalam mencari keadilan, karena sangat banyak warga pribumi yang menganggur, tidak pernah mendapat kesempatan bekerja di perusahaan," kata aktivis di Karawang, Nace Permana.

1. Ironis, daerah industri banyak pengangguran

Tak Pernah Diterima Kerja, Pengangguran Demo di Kantor Bupati KarawangMahendra

Nace Permana yang merupakan penggerak unjuk rasa para pengangguran itu menyampaikan kalau kondisi banyaknya warga pribumi menganggur merupakan hal yang ironis.

Hal tersebut disampaikan, karena selama beberapa tahun terakhir ini cukup banyak pendatang atau warga luar Karawang yang mencari pekerjaan di perusahaan yang ada di Karawang.

Di tengah serbuan warga luar Karawang itu, ternyata masih banyak warga pribumi yang menganggur.

2. Aksi berawal dari grup Facebook

Tak Pernah Diterima Kerja, Pengangguran Demo di Kantor Bupati Karawangventurebeat.com

Unjuk rasa para pengangguran itu sendiri berawal dari wacana di linimasa grup Facebook warga Karawang yang bergulir selama beberapa pekan terakhir.

Wacana itu berkali-kali disampaikan oleh Nace Permana, seorang aktivis di Karawang, hingga akhirnya pada Kamis ini digelar unjuk rasa para pengangguran.

Atas unjuk rasa itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang menerima ratusan surat lamaran yang diserahkan para pengunjuk rasa.

Pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang mengaku akan menyalurkan surat lamaran tersebut ke perusahaan yang membuka rekrutmen tenaga kerja.

3. Karawang punya ratusan pabrik

Tak Pernah Diterima Kerja, Pengangguran Demo di Kantor Bupati KarawangIDN Times/Debbie Sutrisno

Nace Permana mengungkapkan, munculnya aksi protes di depan Kantor Bupati Karawang ini akibat banyaknya warga asli yang sulit mendapatkan pekerjaan. Sementara di Kabupaten Karawang terdapat ratusan bahkan ribuan pabrik. Bahkan, kini Karawang sudah berjuluk kota industri.

Dia menyebutkan, sejak 1990-an sampai dengan sekarang pabrik-pabrik di Karawang semakin tumbuh subur, tetapi pengangguran tidak bisa diselesaikan.

Berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang, di daerah itu terdapat 35-40 ribu pencari kerja dalam setahun. Itu terlihat dari jumlah pemohon kartu kuning di dinas tersebut.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya