Comscore Tracker

Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Karawang Sudah Penuh

Sudah tidak bisa menampung pasien corona.

Karawang, IDN Times - Sejak munculnya corona atau COVID-19, RSUD dengan perlengkapan medis di berbagai daerah memang dipersiapkan menampung pasien yang terinfeksi. Begitu juga dengan Karawang, di mana hingga kini ada puluhan pasien terpapar corona yang dirawat di RSUD Karawang. Tapi sekarang, rumah sakit pelat merah di Karawang ini sudah penuh, dan tidak bisa lagi menerima pasien corona.

Hal itu disampaikan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Karawang. Menurut mereka, RSUD Karawang memiliki keterbatasan ruang dan kasur, yakni hanya mampu menampung 20 pasien postifi virus corona saja.

Begitu juga yang terjadi di Rumah Sakit Hermina, di mana kini menampung enam pasien corona dan telah penuh.

Dengan demikian, kini Karawang hanya menyisakan satu rumah sakit yang mampu menangani pasien positif virus corona, yakni Rumah Sakit Paru Jatisari. "Sisa ruangan di RS Paru Jatisari tinggal sedikit lagi," ujar Fitra Hergyana, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Karawang.

1. Kondisi pasien positif corona disampaikan membaik

Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Karawang Sudah PenuhInstagram.com/@cellicanurrachadiana

Pasien positif corona atau COVID-19 di Kabupaten Karawang dari hari ke hari kian bertambah. Kini tercatat sudah ada 33 kasus positif corona di daerah tersebut. Sebelumnya hanya tercatat 31 orang yang positif corona.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Karawang mengabarkan kalau sekarang ini seluruh pasien positif COVID-19 yang mereka tangani sudah dalam kondisi yang berangsur membaik. Namun, mereka masih harus menjalani perawatan di rumah sakit agar kondisinya benar-benar normal.

"Pasien positif COVID-19 yang diisolasi dan dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan, termasuk ibu Bupati (Karawang) kondisinya baik semua. Tidak ada gejala klinis yang membahayakan," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Karawang, Fitra Hergyana.

2. Positif sesuai dengan tes swab dan rapid tes

Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Karawang Sudah Penuhaa.com.tr

Fitra menyampakan jumlah pasien positif COVID-19 di Karawang per Kamis (2/4) mencapai angka 33 pasien. Jumlah itu baru diketahui ketika pemerintah setempat menggelar tes swab dan metode rapid test yang selama beberapa hari terakhir ini digencarkan.

Pasien positif sesuai dengan hasil tes swab berjumlah delapan orang. Sedangkan 25 orang lainnya dinyatakan positif corona berdasarkan hasil rapid test. Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Karawang kini mencapai 1.355 orang dan ada juga 25 Pasien Dalam Pengawasan atau PDP.

Jumlah itu bertambah dibandingkan sehari sebelumnya, warga berstatus ODP 1.217 orang dan PDP kini berjumlah 18 orang.

3. Tersebar di seluruh kecamatan

Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Karawang Sudah Penuhaapsonline.org

Jumlah ODP COVID-19 di Kabupaten Karawang yang mencapai 1.355 orang sudah tersebar di 30 kecamatan atau sudah merata di seluruh kecamatan di Karawang.

Kasus ODP terbanyak berada di daerah sekitar Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang Barat, dan Kecamatan Karawang Timur.

Atas kondisi itu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Karawang mengingatkan supaya masyarakat patuh atas imbauan pemerintah terkait dengan upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Di antaranya dengan tidak melakukan aktivitas di luar ruangan dan melakukan social distancing atau menjaga jarak.

4. Kasus positif didominasi pejabat

Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Karawang Sudah PenuhScreenshot WhatsApp

Seperti diketahui, Bupati Karawang menjadi orang pertama yang menyatakan dirinya positif corona sesuai dengan tes swab. Kemudian menyusul sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemkab Karawang juga menyatakan dirinya positif corona.

Hingga kini kasus positif corona di Karawang masih didominasi pejabat di lingkungan Pemkab Karawang.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya