Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Karawang Belum Jelas 

Padahal sudah ada lima orang dinyatakan positif virus corona

Karawang, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat menyebutkan, ada klaster Karawang yang menjadi sumber penyebaran virus corona di Jawa Barat. Ini berhubungan dengan peserta Musda Hipmi Jabar, di Karawang pada 9 Maret, lalu.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana terpapar corona saat acara itu dan kini ia diisolasi di Rumah Sakit Paru atau Rumah Sakit Hermina Karawang.

Rumah Sakit Hermina Karawang sebenarnya rumah sakit yang belum berfungsi, karena baru selesai dibangun. Saat isu corona, rumah sakit ini otomatis disebutkan jadi rujukan bagi pasien terpapar corona.

Selain Rumah Sakit Hermina, di Karawang belum ada lagi rumah sakit lain yang bisa jadi rujukan bagi pasien COVID-19. Padahal sudah ada lima orang positif di daerah itu.

1. Kasus COVID-19 terus meningkat

Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Karawang Belum Jelas Screenshot WhatsApp

Penyebaran virus corona atau COVID-19 di wilayah Karawang nampaknya perlu diwaspadai. Sebab peningkatan kasusnya terus terjadi selama beberapa hari terakhir.

Dinas Kesehatan Karawang mencatat, hingga Jumat (27/3) malam, terdapat lima orang yang positif Corona dan sembilan orang masuk dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sedangkan yang berstatus Orang Dalam Pemantauan atau ODP mencapai 563 orang.

Peningkatan status ODP terjadi karena Pemerintah Kabupaten Karawang melakukan traking aktivitas setelah Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dinyatakan positif COVID-19.

Lima orang yang positif corona di Karawang ialah bupati beserta seorang ajudannya dan tiga kepala dinas di lingkungan Pemkab Karawang. Kelimanya kini tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Paru atau Rumah Sakit Hermina, Jatisari, Karawang.

2. Baru akan tunjuk rumah sakit rujukan

Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Karawang Belum Jelas Petugas RSUD dr Koesma Tuban merapikan tempat tidur yang bakal ditempati pasien corona. IDN Times/Imron

Saat jumlah kasus corona sudah cukup tinggi, Pemkab Karawang memutuskan akan mencari rumah sakit yang bisa menjadi rujukan pasien terpapar corona.

Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari menyampaikan dalam penanganan COVID-19 di Karwang, pihaknya segera menunjuk rumah sakit rujukan untuk pasien corona.

Rumah sakit rujukan yang dimaksud tidak hanya rumah sakit umum daerah, atau rumah sakit Hermina, tapi juga rumah sakit swasta yang ada di Karawang.

“Rumah sakit swasta yang ada di Karawang harus menyediakan fasilitas 50 persen untuk pasien virus Corona,” ujarnya.

3. Siapkan Rp15 miliar untuk penanganan corona

Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Karawang Belum Jelas Istimewa

Pemkab Karawang resmi menyiapkan anggaran sekitar Rp15 miliar untuk penanganan corona. Anggaran itu untuk melancarkan berbagai kegiatan antisipasi pencegahan corona atau COVID-19.

Anggaran itu di antaranya untuk pembelian alat pelindung diri bagi tenaga medis, pengadaan 900 ribu masker, hand sanitizer, tambahan honor tenaga medis, rapid tes bagi warga, penyemprotran disinfektan, dan lain-lain.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya