Manjakan Generasi Millennial, 56 Taman akan Dibangun di Karawang

Banyak generasi millenial yang berkumpul

Karawang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Karawang bakal membangun 56 taman tahun ini. Pembangunan puluhan taman tersebut dilakukan untuk mengakomodir keinginan generasi millennial, bahkan di taman itu disediakan jaringan internet gratis.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyatakan, telah membangun taman-taman di bawah jembatan layang Ahmad Yani yang kemudian dinamai Taman Millennial Karawang.

Taman yang berlokasi di kolong jembatan itu, panjangnya sekitar 60 meter, dengan fasilitas WIFI, ruang publik dan taman-taman bunga.

"Kenapa saya memberikan nama Taman Millenial. Karena saat saya berkunjung, saya melihat banyak generasi millenial yang berkumpul," katanya.

1. Diharapkan tingkatkan indeks kebahagiaan masyarakat

Manjakan Generasi Millennial, 56 Taman akan Dibangun di KarawangMahendra

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana berharap agar pembangunan taman-taman di daerahnya menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan indeks kebahagian warga Karawang.

"Setiap hari saya melewati beberapa taman yang ada di Karawang, seperti Taman I Love Karawang (Jalan Ahmad Yani), saya sangat senang bagaimana banyak komunitas berkumpul di sana," ujarnya.

Selain itu, ada juga hanya masyarakat yang hanya sekedar lewat taman, kemudian berhenti untuk sekedar foto-foto selfie.

Cellica menilai kalau keberadaan taman cukup penting. Selain untuk keindahan kota, juga untuk meningkatkan indeks kebahagian masyarakat. Mereka bisa bersilaturahmi, berkumpul untuk ngobrol-ngobrol.

Karena itulah, pada tahun ini Pemkab Karawang akan membangun sebanyak 56 taman di Karawang.

2. Dibangun di sejumlah kecamatan

Manjakan Generasi Millennial, 56 Taman akan Dibangun di KarawangMahendra

Pemerintah Kabupaten Karawang sempat mendapat kritik dan saran dari masyarakat terkait pembangunan taman yang selama ini hanya dibangun di wilayah perkotaan Karawang.

Kritikan itu banyak disampaikan masyarakat melalui media sosial jenis facebook. Atas kritik itu pemerintah daerah setempat mempertimbangkan untuk membangun taman di sejumlah kecamatan.

"Saya sering mendapatkan pertanyaan dari masyarakat, apakah membangun taman itu harus di wilayah perkotaan? Kenapa taman lebih banyak di wilayah kota? Begitu pertanyaan dari masyarakat," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Atas pertanyaan yang dilontarkan masyarakat itu, Pemkab Karawang mulai tahun ini akan membangun taman di sejumlah titik, tersebar di beberapa kecamatan.

"Saya minta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman
Karawang agar pada tahun ini membangun taman-taman di enam titik, tersebar di sejumlah kecamatan. Jadi tidak hanya di wilayah perkotaan pembangunan taman itu," kata Cellica.

3. Anggaran Rp7 miliar untuk pembangunan taman

Manjakan Generasi Millennial, 56 Taman akan Dibangun di KarawangMahendra

Pada tahun ini, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Karawang akan membangun taman di sejumlah kecamatan. Itu dilakukan agar pembangunan taman tidak hanya berpusat di wilayah perkotaan.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Karawang menyediakan anggaran sekitar Rp7 miliar untuk pembangunan taman-taman tersebut.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Karawang, Ramon Wibawa Laksana, mengakui kalau selama ini pembangunan taman berpusat di wilayah perkotaan.

Tetapi mulai tahun ini Pemkab Karawang akan menyebar pembangunan taman di sejumlah kecamatan, seperti di wilayah Cikampek hingga Rengasdengklok.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya