Jelang Pilkada Karawang, Persaingan Bupati dan Wakilnya Makin Ketara 

Keduanya dipastikan akan bersaing.

Karawang, IDN Times - Menjelang Pilkada serentak 2020, persaingan antara Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan wakilnya Ahmad Zamakhsyari semakin hangat. Keduanya dipastikan akan bersaing pada Pilkada nanti memperebutkan kursi bupati.

Ahmad Zamakhsyari sudah membentuk puluhan relawan dan telah dikukuhkan melalui Surat Keputusan. Begitu juga Cellica sudah beraksi dengan membagikan kaos dukungan bertuliskan 'Cellica' dan #TehCellicaKarawang1.

Tidak tanggung-tanggung, bagi-bagi kaos itu dilakukan saat kegiatan senam pagi Aparatur Negeri Sipil (ASN) di komplek perkantoran Pemkab Karawang, Jumat (11/10).

Cellica merupakan Ketua Partai Demokrat Karawang yang kini masih menjabat bupati. Sedangkan Ahmad Zamakhsyari yang biasa disapa Jimmy merupakan Ketua Partai Kebangkitan Bangsa Karawang hingga kini masih menjabat wakil bupati, mendampingi Cellica.

1. Relawan bukan dari struktur partai

Jelang Pilkada Karawang, Persaingan Bupati dan Wakilnya Makin Ketara Mahendra

Ketua DPC PKB Karawang Ahmad Zamakhsyari mengklaim hingga kini dirinya telah memiliki puluhan relawan untuk memenangkan dirinya pada Pilkada Karawang 2020.

“Surat Keputusan Relawan saya serahkan kepada 46 relawan. Jadi para relawan sudah sah bergerak untuk memenangkan saya pada Pilkada nanti,” kata Jimmy, sapaan akrab Zamakhsyari.

Menurut dia, pembagian Surat Keputusan Relawan itu sebagai bentuk keseriusan dalam pencalonan pada Pilkada Karawang nanti.

”Relawan ini diluar struktur partai, murni warga Karawang dari berbagai kalangan yang berharap sama, agar Karawang dipimpin warga asli Karawang,” ujarnya.

2. Pemkab Karawang anggarkan Rp97,9 miliar untuk pilkada

Jelang Pilkada Karawang, Persaingan Bupati dan Wakilnya Makin Ketara Foto hanya ilustrasi pencoblosan. (IDN Times/Imam Rosidin)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang telah mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk Pilkada Karawang 2020, besarannya mencapai Rp97,9 miliar

"Itu adalah anggaran hibah untuk KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu Karawang. Naskah perjanjian hibahnya sudah ditandatangani," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Dari total anggaran Pilkada Karawang yang mencapai Rp97,9 miliar itu, anggaran untuk KPU Karawang sekitar Rp74,6 miliar dan Bawaslu Karawang mendapat dana hibah dari APBD Karawang sekitar Rp23,3 miliar.

3. Bawaslu Karawang mulai laksanakan tahapan pilkada

Jelang Pilkada Karawang, Persaingan Bupati dan Wakilnya Makin Ketara IDN Times/Margith Juita Damanik

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Karawang mulai melaksanakan tahapan Pilkada. Wasit dalam pesta demokrasi ini akan merekrut 90 orang Panitia Pengawas Pemilu tingkat kecamatan pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Karawang 2020.

Ketua Bawaslu Karawang Kursin Kurniawan menyampaikan kalau Panitia Pengawas tingkat Kecamatan (Panwascam) pada Pemilu sudah berakhir pada Juni 2019 lalu. Jadi pihaknya perlu melakukan perekrutan ulang untuk panwaslu ditingkat kecamatan pada Pilkada Karawang.

“Rencananya perekrutan panwascam dilakukan pada November," ujarnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya