Jelang Nataru, Pemudik Mulai Padati Tol Jakarta-Cikampek

Sistem buka tutup diterapkan tiga menit sekali

Karawang, IDN Times - Memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru 2020, sejumlah titik di wilayah Kabupaten Karawang pada Sabtu (21/12) terpantau macet. Volume kendaraan dari arah Jakarta cukup padat di jalan Tol Jakarta-Cikampek dan jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (elevated). Kepadatan juga terjadi di jalan arteri atau jalur Pantura menuju arah Cirebon.

Titik kepadatan arus lalu lintas terjadi sejak memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 46 hingga Kilometer 58. Selepas rest area kilometer 57, arus lalu lintas kembali normal.

1. Sistem buka tutup

Jelang Nataru, Pemudik Mulai Padati Tol Jakarta-CikampekMahendra

Petugas Jasamarga dan pihak kepolisian sempat memberlakukan sistem buka-tutup di titik pertemuan arus jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu (21/12).

"Buka-tutup diterapkan setiap tiga menit sekali saat arus lalu lintas padat," kata petugas Jasamarga, Dian Iskandar.

2. Buka-tutup di kilometer 48

Jelang Nataru, Pemudik Mulai Padati Tol Jakarta-CikampekMahendra

Sistem buka-tutup diterapkan di jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 48. Tujuannya untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas. Kilometer 48 merupakan titik pertemuan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II.

Selain menerapkan sistem buka tutup, petugas juga beberapa kali memberlakukan sistem contraflow dari kilometer 46 hingga 56.

3. Jalan arteri juga padat

Jelang Nataru, Pemudik Mulai Padati Tol Jakarta-CikampekMahendra

Kepadatan arus lalu lintas juga tidak hanya terjadi di jalan Tol Jakarta-Cikampek, melainkan pula terjadi di jalan Arteri Karawang-Cikampek menuju jalur Pantura. Kepadatan arus lalu lintas diperparah dengan banyaknya putaran arah (u-turn) di sepanjang jalan arteri Karawang-Cikampek

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya