Comscore Tracker

Hari Ini, KPU Undi Nomor Urut Tiga Paslon Pilkada Karawang 

Diharapkan tak ada kerumunan massa saat pengundian

Karawang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang telah menetapkan tiga pasang calon (paslon) peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, Rabu(23/9/2020). 

Ketiga kandidat itu adalah pasangan Cellica Nurrachadiana dan Aep Syaepuloh yang diusung Partai Demokrat, Golkar, PKS dan NasDem. Kemudian pasangan Yesi Karya Lianti dan Adly Fayruz yang diusung PDIP, PBB, PAN dan PPP, serta pasangan Ahmad Zamakhsyari dan Yusni Rinzani diusung Partai Gerindra, PKB dan Hanura.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang Miftah Farid mengatakan, ketiga pasangan calon peserta Pilkada Serentak Karawang ini telah memenuhi syarat untuk bertarung pada pada 9 Desember 2020, mendatang. 

Setelah ditetapkan menjadi paslon peserta pilkada, tahapan selanjutnya adalah KPU akan mengundi nomor urut yang rencananya dilakukan pada Kamis(24/9/2020), siang.

"Ketiganya sudah memenuhi syarat administrasi, kesehatan dan jasmani. Jadi ketiga pasangan itu ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wabup. Setelah itu pengundian nomor urut," kata Farid, Rabu(23/9/2020).

1. Penerapan protokol kesehatan

Hari Ini, KPU Undi Nomor Urut Tiga Paslon Pilkada Karawang Unsplash

KPU Karawang menetapkan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 461/HK.04.1-Kpt/3215/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang tahun 2020.

Penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Karawang itu digelar dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Di antaranya dilakukan dengan pembatasan peserta serta melibatkan pasangan calon melalui virtual meeting.

2. Pengundian nomor urut

Hari Ini, KPU Undi Nomor Urut Tiga Paslon Pilkada Karawang Mahendra

Setelah menetapkan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati sebagai peserta Pilkada Karawang, KPU Karawang kini menyiapkan tahapan pengundian dan penetapan nomor urut.

Sesuai dengan tahapan pilkada, pengundian dan penetapan nomor urut itu akan digelar pada Kamis (24/9) siang.

"Kami mengimbau agar semua pasangan calon tidak mengerahkan massa pada saat pengundian nomor urut nanti, karena sekarang masih dalam kondisi pandemi," kata Farid.

3. Penertiban alat peraga sosialisasi

Hari Ini, KPU Undi Nomor Urut Tiga Paslon Pilkada Karawang Mahendra

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Karawang bakal menertibkan alat peraga sosialisasi pasangan calon bupati dan wakil bupati yang terpasang di sejumlah tempat.

"Tapi sebelum ditertibkan, kami mempersilakan masing-masing tim kampanye untuk melakukan penertiban sendiri," kata Suryana Hadi Wijaya, Komisioner Bawaslu Karawang.

Bawaslu Karawang memberikan waktu terhadap partai politik atau tim kampanye yang telah memasang alat peraga sosialisasi untuk melakukan penertiban sendiri, mulai 22-25 September 2020.

Jika pihak tim kampanye atau parpol tidak menertibkan sendiri, Bawaslu Karawang yang akan merekomendasikan Satpol PP untuk menertibkan alat peraga sosialisasi tersebut.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya